September 21, 2024
BMW M4 CS Dibangkitkan Kembali Dengan Meminjam Wajah M4 CSL Edisi Terbatas

BMW M4 CS Dibangkitkan Kembali Dengan Meminjam Wajah M4 CSL Edisi Terbatas

0 0
Read Time:2 Minute, 42 Second

harfam.co.id, Jakarta – BMW melalui postingan di situs resminya, Rabu (8/5/2024) mengumumkan bahwa mobil sport M4 CS akan dihidupkan kembali setelah keputusan menghentikan produksi pada tahun 2020.

Meski model ini akan diposisikan di bawah M4 CSL 2022 yang diproduksi dalam edisi terbatas sebanyak 1.000 unit, namun dari segi tampilan keseluruhan hampir tidak bisa dibedakan dengan BMW M4 CS 2025 Limited CSL yang agresif. Kini dijual dalam jumlah lebih besar seiring dengan penghematan biaya.

Padahal, jika melihat bodi model ini, akan membuat penonton frustasi membedakan kedua model tersebut jika tidak melihat labelnya.

Hal ini terlihat dari cara BMW menghadirkan bagian unik dari CSL ke dalam CS, yaitu ginjal tanpa bingkai yang dapat menghemat bobot. Namun, saat ini bilah horizontal di kisi-kisi tersebut akan memiliki logo M4 CS yang menempel di sana.

Lampu depannya akan ditemani dua lampu depan dengan desain kompatibel CSL, meski kini LEDnya diubah menjadi bentuk L terbalik yang menyala kuning dan mengacu pada mobil balap GT. Sedangkan di bagian depan akan muncul tiga buah dioda laser yang kembali muncul.

Seperti CSL, beralih ke atap karbon, baut, splitter depan, saluran udara depan, tailgate, diffuser belakang, spoiler dan velg M.

Namun model ini tidak akan hadir dengan seatpost karbon CSL dan penutup bawah karbon. Sebagai gantinya, CS 2025 akan mendapat jok tangki M Carbon yang benar-benar bisa disetel, tidak sekaku CSL. CS juga tidak akan kehilangan kursi belakangnya.

Model tersebut akan meninggalkan pabrik BMW Group di Dingolfing pada bulan Juli dengan harga mulai $124.675, atau Rp 2 miliar, dengan debut globalnya dijadwalkan pada 10 Mei.

Nilai tersebut merupakan penghematan sebesar USD 139.900 atau setara Rp 2,2 miliar untuk M4 CSL 2022.

Bicara soal mesin, M4 CS 2025 akan mendapatkan tenaga mesin yang sama dengan M3 CS dan M4 CSL, artinya ini merupakan peningkatan tenaga dibandingkan M4 CS generasi sebelumnya.

Di bawah kapnya terdapat mesin 3.0 liter M TwinPower turbocharged inline-6 ​​​​yang menghasilkan tenaga 543 tenaga kuda dan torsi 649 Nm.

Mesinnya sama dengan M4 biasa. Namun motor ini memiliki pengaturan lebih yang membuatnya lebih bertenaga.

Pemrosesan sebesar itu disalurkan ke keempat roda melalui transmisi 8 percepatan tanpa opsi manual.

Di jalan beraspal, itu berarti 0-100 km/jam dalam 3,4 detik dan kecepatan tertinggi 302 km/jam.

Sistem pembuangan M4 CS lebih ringan 3,6 kg dibandingkan sistem konvensional berkat layar belakang titanium. 

Dudukannya juga dirancang agar ringan, meningkatkan kekakuan torsi, dan menahan sudut.

Meski disebut xDrive yang artinya penggerak empat roda, namun kendali 4×4 khas segmen M model ini bisa mengganggu kendali roda depan untuk berbagai keperluan.

Di dalam kabin akan terdapat layar lengkung khas BMW yang diimplementasikan dalam cluster digital berukuran 12,3 inci dan layar 14,9 inci.

Seperti jajaran lainnya, yang diperbarui untuk tahun 2025, M4 CS menjalankan iDrive 8.5 BMW dengan grafis M-nya sendiri, yang mengurangi jumlah tombol fisik di kokpit dengan memasukkan lebih banyak fitur ke dalam layar sentuh.

Tombol M di roda kemudi juga dapat menyimpan pengaturan individual, termasuk pengaturan gearbox DSC dan apakah pengguna ingin mengaktifkan auto start/stop.

Jok bucket M Carbon akan dilapisi kulit Merino kombinasi hitam-merah dengan jahitan kontras. Kursi mendapatkan penyesuaian daya penuh, kursi berpemanas, dan lencana M4 CS yang menyala di kursi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link