September 21, 2024
AII Hubungkan Riset Sawit di Perguruan Tinggi sampai Tahap Komersialisasi

AII Hubungkan Riset Sawit di Perguruan Tinggi sampai Tahap Komersialisasi

0 0
Read Time:1 Minute, 27 Second

JAKARTA – Penelitian terhadap industri kelapa sawit terus dilakukan di perguruan tinggi. Penelitian baru ini juga diperlukan untuk mendukung minyak sawit sebagai produk kebijakan pertanian nasional.

Ketua Asosiasi Penemu Indonesia (AII) Prof. Didiek Hadjar Goenadi mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) untuk membantu para inventor mengatasi kendala dalam bisnis penemuan ilmiah, khususnya kelapa sawit.

Baca Juga: BRIN Tahu 2 Program Hibah Penelitian, Apa Saja? Ayo lihat!

“Kami akan memperkuat kapasitas para inventor untuk berinovasi dan membekali para inventor dengan peluang untuk mengkomersialkan penemuannya,” ujarnya dalam siaran pers hasil Penilaian dan Komersialisasi Hasil Teknologi Riset Kelapa Sawit Grand Palm Research (GRS) Tahun 2021-2023. . Selasa (02/07/2024).

Kerja sama BPPKS dan AII untuk melakukan evaluasi teknologi dan komersialisasi hasil penelitian kelapa sawit yang didukung BPDPKS telah dilakukan pada periode 2021-2022, dilanjutkan dengan kerja sama tahap ke-2 untuk periode 2022-2023.

GRS 2021-2023 memiliki 16 penemuan yang siap komersial dan sebagian besar merupakan penelitian universitas. Misalnya saja pengembangan membran matriks campuran berbahan dasar hardened carbon zeolite (KTZ) untuk pemisahan CO2 dari limbah biogas pabrik kelapa sawit di LPPM ITS.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Tanaman Madura Kamandin Saebo berkhasiat obati sakit gigi dan darah tinggi.

Selain itu, ada juga desain Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRPM) UI, LPPM ITB, UGM, PLN Institut Teknologi, Unair, IPB dan Unila.

Dijelaskannya, proyek tersebut terdiri dari serangkaian kegiatan mulai dari kualitas, promosi hingga industri potensial yang kegiatan utamanya didasarkan pada kreativitas yang diciptakan oleh para desainer.

Bagi BPDPKS, kerja sama dengan AII ini akan mempercepat keluarnya hasil-hasil penelitian dukungan BPDPKS (terutama dalam bentuk teknologi) yang dapat digunakan secara cepat dan luas oleh industri untuk mendukung berkembangnya industri kelapa sawit tanah air yang tangguh di pasar global. .

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link