October 22, 2024
Tidak Membuat Sarang dengan Jaring, Laba-Laba Brazil Ternyata Punya Racun Neurotoxic

Tidak Membuat Sarang dengan Jaring, Laba-Laba Brazil Ternyata Punya Racun Neurotoxic

0 0
Read Time:4 Minute, 22 Second

harfam.co.id, Jakarta Di antara berbagai jenis laba-laba yang tersebar di seluruh dunia, laba-laba Brazil menonjol karena ciri-cirinya yang sangat unik dan mengejutkan. Tidak seperti kebanyakan laba-laba, yang dikenal suka membuat jaring untuk menangkap mangsa, laba-laba Brasil mengambil pendekatan berbeda dalam berburu. 

Laba-laba mengandalkan keterampilan berburu aktif dan memiliki senjata mematikan berupa racun neurotoksik yang sangat efektif melumpuhkan mangsanya. Racun neurotoksik yang dimiliki laba-laba Brazil bekerja sangat buruk. 

Ciri mengejutkan lainnya adalah efek racun ini tidak hanya terbatas pada jenis mangsa kecil saja, namun juga bisa berbahaya bagi manusia hingga menimbulkan gejala serius jika tidak segera ditangani. Hal ini menjadikan laba-laba Brazil sebagai salah satu spesies laba-laba paling berbahaya di dunia.

Pembahasan lebih lanjut simak artikel di bawah ini yang dihimpun dari berbagai sumber pada Rabu (29/05/2024).

Laba-laba pengembara Brasil adalah laba-laba agresif yang termasuk dalam genus Phoneutria, yang berarti “pembunuh” dalam bahasa Yunani. Makhluk yang dikenal sebagai laba-laba lapis baja atau laba-laba pisang ini merupakan salah satu laba-laba paling berbisa di muka bumi. 

Laba-laba memiliki mulut besar atau chelicerae yang dapat memberikan gigitan menyakitkan yang mengandung racun neurotoksik yang dapat berakibat fatal bagi manusia, terutama anak-anak.

Laba-laba pengembara Brazil sering masuk dalam daftar laba-laba paling mematikan di dunia. Dalam Guinness Book of Records, hewan ini beberapa kali dinobatkan sebagai laba-laba paling mematikan di dunia, meskipun pemegang rekor saat ini adalah laba-laba jaring corong Sydney jantan (Atrax firmus). 

Namun pengklasifikasian laba-laba sebagai hewan mematikan masih kontroversial. Setiap gigitan bersifat unik dan kerusakan yang ditimbulkannya bergantung pada jumlah racun yang disuntikkan.

Ada 9 spesies laba-laba pengembara Brazil, semuanya aktif di malam hari dan ditemukan di Brazil. Beberapa spesies juga dapat ditemukan di seluruh Amerika Tengah dan Selatan, dari Kosta Rika hingga Argentina. 

Menurut Museum Sejarah Alam di Karlsruhe, Jerman, laba-laba pengembara Brasil berukuran besar, dengan panjang tubuh mencapai 2 inci (5 cm) dan lebar kaki hingga 7 inci (18 cm). Warna spesies bervariasi, meskipun semuanya berbulu dan sebagian besar berwarna coklat dan abu-abu, beberapa spesies memiliki bintik terang di bagian perut. Banyak spesies memiliki garis-garis hitam dan kuning atau putih di bagian bawah kedua kaki depannya.

Arakhnida disebut laba-laba pengembara karena mereka tidak membuat jaring, melainkan berkeliaran di dasar hutan pada malam hari untuk berburu mangsa. Mereka terbunuh dalam penyergapan dan serangan langsung.

Mereka menghabiskan sebagian besar waktunya bersembunyi di bawah batang kayu atau di celah-celah dan keluar pada malam hari untuk berburu. Mereka memakan serangga, laba-laba lain, dan terkadang amfibi kecil, reptil, dan hewan pengerat. 

Ketika laba-laba pengembara Brazil merasa terancam, mereka sering kali mengambil posisi bertahan dengan berdiri menggunakan kaki belakang dan menjulurkan kaki depan untuk memperlihatkan taringnya, suatu postur yang terkadang disertai dengan gerakan menyamping. Laba-laba juga bisa melompat hingga 1,3 kaki (40 cm).

Seperti kebanyakan spesies laba-laba, laba-laba betina berukuran lebih besar daripada laba-laba jantan. Menurut departemen biologi di Universitas Wisconsin-La Crosse, pejantan mendekati betina dengan hati-hati saat mencoba kawin. 

Laba-laba jantan menari untuk menarik perhatian betina, dan laba-laba jantan sering berkelahi satu sama lain demi betina. Betina bisa pilih-pilih dan sering menolak banyak pejantan sebelum memilih pasangan untuk dikawinkan. Setelah sang betina memilih salah satu, sang jantan harus berhati-hati, karena sang betina sering menyerang sang jantan setelah berhubungan intim.

Betina kemudian dapat menyimpan sperma di ruang terpisah dari sel telur sampai dia siap untuk membuahinya. Betina akan bertelur hingga 1.000 telur sekaligus, yang disimpan dengan aman di kantung telur sutra yang dipintal. Laba-laba pengembara Brazil biasanya hidup selama satu atau dua tahun.

Racun laba-laba pengembara Brasil adalah campuran kompleks racun, protein, dan peptida, menurut Natural History Museum di Karlsruhe, Jerman. Racunnya mempengaruhi saluran ion dan reseptor kimia di sistem neuromuskular korban.

Ketika salah satu laba-laba ini menggigit seseorang, mereka mungkin mengalami gejala awal seperti nyeri hebat di lokasi gigitan, berkeringat, dan merinding. Dalam waktu 30 menit, gejala menjadi sistemik dan mencakup tekanan darah tinggi atau rendah, detak jantung cepat atau lambat, mual, kram perut, hipotermia, vertigo, penglihatan kabur, kejang, dan keringat berlebih yang berhubungan dengan syok.

Racun laba-laba ini mungkin paling terkenal menyebabkan ereksi yang menyakitkan dan berkepanjangan. Jadi dalam sebuah penelitian tahun 2023, para ilmuwan melaporkan bahwa mereka sedang menguji racun tersebut pada manusia sebagai pengobatan potensial.

Racunnya tidak berbahaya bagi manusia dan gigitannya hanya akan menimbulkan nyeri ringan atau bengkak di area tersebut. Laba-laba Joro tidak berbahaya karena taringnya terlalu kecil untuk menembus kulit manusia.

Namun, sebagian besar laba-laba tidak menggigit manusia dan, dengan sedikit pengecualian, tidak berbahaya bagi manusia atau mamalia lainnya (2). Meskipun gigitan laba-laba sering terjadi, sebagian besar spesies hanya menyebabkan gejala klinis ringan (3).

Meski laba-laba biasanya tidak berbahaya di dalam rumah, namun kehadirannya bisa membuat rumah menjadi kotor dan tidak terawat akibat jaring yang mereka buat.

Meskipun sebagian besar laba-laba tidak berbahaya, penting untuk tetap waspada terhadap spesies tertentu yang gigitannya dapat menimbulkan dampak kesehatan yang serius.

Gigitan laba-laba dapat menimbulkan luka kecil yang terasa seperti tusukan pada kulit. Biasanya disertai nyeri, kemerahan dan sedikit bengkak. Beberapa orang bahkan mungkin mengalami nyeri tubuh, pusing, dan keringat berlebih setelah digigit laba-laba.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link