October 22, 2024
Menghindari Pamer Kekayaan, Orang Kaya China Pakai Mode Hemat

Menghindari Pamer Kekayaan, Orang Kaya China Pakai Mode Hemat

0 0
Read Time:1 Minute, 48 Second

JAKARTA – Orang-orang kaya di China tak pamer kekayaan sehingga berdampak pada penjualan barang-barang mewah. Hal itu terlihat dari laporan terbaru konsultan manajemen Bain yang dipublikasikan pada Selasa (18/6/2024).

Orang-orang terkaya di Tiongkok dikatakan mengambil sikap yang lebih hati-hati, dan Bain memperkirakan pasar barang mewah akan mencapai level terlemahnya sejak pandemi ini.

Penjualan global barang-barang pribadi dan mewah kelas atas – termasuk pakaian, aksesoris, dan produk kecantikan – akan tetap datar tahun ini dan naik 4% tahun-ke-tahun (year-on-year) dengan kecepatan yang konstan. Situasi ini membuat pertumbuhan penjualan berada pada level terlemah sejak tahun 2020, ketika penjualan terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Perlambatan ini paling sering terjadi di Tiongkok, karena ketidakpastian ekonomi sangat membebani pembeli kelas menengah dan menyebabkan mereka yang masih mampu membeli barang-barang mewah harus berhati-hati agar tidak dianggap sombong.

“Untuk pertama kalinya dalam sejarah, kita menghadapi apa yang disebut rasa malu atas kemewahan di Tiongkok,” kata mitra Bain, Federica Levato.

Di tengah meningkatnya angka pengangguran dan krisis sosial dan ekonomi, orang-orang kaya asal Tiongkok yang kembali ke negaranya telah mengalihkan pengeluaran mereka ke luar daratan.

“Setelah pertumbuhan selama dua setengah tahun, terdapat kelelahan di sektor barang-barang mewah pribadi,” lanjut Levato.

Beiersdorf dari Jerman (BEIG.DE) mengatakan mereka harus bersaing dengan pasar perawatan kulit mewah yang “sangat menurun” di Tiongkok tahun ini, bahkan ketika krim La Prairie, yang harganya ratusan dolar per botol, telah memperoleh pangsa pasar.

Laporan Bain akan memperkuat kekhawatiran investor bahwa permintaan barang-barang mewah di Tiongkok tidak pulih, kekhawatiran yang membebani saham LVMH (LVMH.PA) dan pemilik Gucci Kering (PRTP.PA) selama setahun terakhir.

Saham Hermes adalah satu-satunya saham perusahaan mewah yang mencatatkan kenaikan tahun lalu.

Alih-alih berbondong-bondong ke mal, pembeli malah membuat janji pribadi dan memilih busana yang lebih tenang dan bijaksana, dibandingkan busana yang “menarik perhatian,” kata Levato.

Ia memperkirakan tren tersebut mungkin tidak akan bertahan lama, namun erat kaitannya dengan kondisi perekonomian tertentu. Tanda-tanda pemulihan terlihat di Amerika Serikat, dengan pertumbuhan yang dipimpin oleh pelanggan yang lebih kaya karena pembeli muda terus menunda pembelian. Di Eropa dan Jepang, kembalinya wisatawan asing telah mendongkrak penjualan barang-barang mewah.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link