October 22, 2024
Awas Keliru, Ini Jenis-jenis Flek Wajah yang Wajib Diketahui

Awas Keliru, Ini Jenis-jenis Flek Wajah yang Wajib Diketahui

0 0
Read Time:2 Minute, 29 Second

harfam.co.id, Jakarta Sebagian orang menganggap kemunculan flek hitam di wajah membuat penampilannya cukup tidak menyenangkan. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang sibuk mencari saran dan saran produk penghilang flek tanpa mengetahui jenis jerawat apa yang muncul di wajahnya. 

Pasalnya, setidaknya ada 4 jenis flek hitam yang bisa muncul di kulit dengan faktor penyebab yang berbeda-beda. Jadi tentunya cara mengatasi masalah ini akan berbeda-beda tergantung jenis noda yang terjadi.

Nah, yuk kenali lebih dalam mengenai jenis-jenis komedo yang sering muncul di wajah, penyebabnya, serta cara mencegah dan mengobatinya. Berikut informasi lengkapnya yang dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (25 April 2024).

Jenis noda yang pertama adalah bintik-bintik. Ini adalah jenis bintik berupa bintik-bintik coklat tua yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Sinar UVB yang mengenai kulit yang tidak terlindungi akan mengaktifkan melanosit sehingga menyebabkan bintik-bintik tersebut. Selain paparan sinar matahari, freckles juga bisa disebabkan oleh faktor genetik.

Bintik inflamasi atau hiperpigmentasi pasca inflamasi adalah bintik yang muncul setelah kondisi kulit inflamasi seperti alergi, eksim atau jerawat. Bintik jenis ini muncul karena kulit memproduksi pigmen berlebih setelah terjadi peradangan. 

Melasma merupakan salah satu jenis freckles berupa bercak coklat dengan lebar lebih lebar dibandingkan freckles. Melasma bisa terjadi karena paparan sinar UV yang berlebihan, kehamilan, dan pil KB. Tak hanya di wajah, melasma juga bisa muncul di bagian tubuh lain seperti leher, ketiak, dan lengan bawah. 

Lentigo adalah bintik coklat yang muncul pada kulit akibat sinar matahari, terapi fisik, atau faktor genetik. Dibandingkan jenis bintik lainnya, diameter tahi lalat sekitar 0,2-2 cm lebih besar. 

Ada beberapa cara untuk mencegah noda. Gunakan tabir surya. Tabir surya atau sunblock dapat membantu melindungi kulit Anda dari efek buruk paparan sinar UV. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan tabir surya dengan hati-hati dan mengoleskannya kembali setiap 2-3 jam. Untuk daerah tropis disarankan menggunakan tabir surya dengan faktor perlindungan minimal 30. Kurangi intensitas berjemur sebisa mungkin. Caranya bisa dengan mengenakan baju panjang dan topi saat keluar rumah, apalagi saat cuaca sangat panas. Hindari waktu ketika sinar UV berada pada puncaknya, sekitar pukul 10.00 hingga 16.00.  Gunakan retinoid. Sebagai turunan vitamin A, retinoid dapat membantu meratakan warna kulit sehingga cocok untuk menghilangkan flek hitam. Ambil tindakan di klinik kosmetik. Ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek, antara lain terapi laser, chemical peeling, IPL (intense pulsed light), dan masih banyak lagi.

Tentu saja komedo bisa hilang secara alami.

Banyak orang mengira flek hitam di kulit baru muncul saat Anda menginjak usia 30 tahun ke atas.

Sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami dan cepat, Anda bisa menggunakan susu, buttermilk (susu fermentasi), atau bahkan yogurt. Pasalnya susu mengandung asam laktat, asam dalam kelompok asam alfa-hidroksi (AHA) dan memiliki efek pengelupasan kulit.

Penelitian menunjukkan bahwa kulit yang rutin menggunakan aloesin dalam jangka waktu 4-5 minggu akan meningkatkan kecerahannya.

Penggunaan kosmetik yang tidak tepat juga dapat menyebabkan terbentuknya flek hitam karena bahan kimia dalam kosmetik merangsang pembentukan melanin pada kulit.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link