October 22, 2024
Sepak Terjang Tim Cook 15 Tahun Pimpin Apple, Rilis iPhone Murah hingga Prosesor Revolusioner

Sepak Terjang Tim Cook 15 Tahun Pimpin Apple, Rilis iPhone Murah hingga Prosesor Revolusioner

0 0
Read Time:4 Minute, 41 Second

harfam.co.id, Jakarta. Sepeninggal Steve Jobs pada tahun 2011, CEO Apple Tim Cook membawa inovasi dan perubahan pada Apple selama 15 tahun.

Tim menjadi CEO Apple setelah meninggalnya Steve Jobs pada Oktober 2011. Selama 15 tahun tersebut, Apple menawarkan produk dan layanan inovatif terbaik yang menjadi trendsetter di dunia teknologi.

Mengutip Business Insider Kamis (18-04-2024) Perjalanan Tim Cook sebagai CEO Apple dimulai pada tahun 2009 sebagai CEO sementara ketika Steve Jobs mengundurkan diri untuk sementara waktu karena penyakit kanker pankreas yang dideritanya sejak tahun 2003.

Dia kemudian kembali sebagai CEO sementara pada Januari 2011 saat Steve Jobs sedang cuti medis. Pada bulan Agustus 2011, Steve Jobs mengundurkan diri dan dewan direksi menunjuk Tim Cook sebagai CEO tetap Apple. Kemudian pada Oktober 2011, Steve Jobs meninggal dunia.

Sepeninggal Steve Jobs, Tim Cook dihadapkan pada situasi sulit ketika harus melanjutkan warisan Steve sebagai CEO Apple. Banyak orang mempertanyakan kinerja Cook di awal masa jabatannya. Meski demikian, Tim Cook tetap teguh memberikan yang terbaik bagi perusahaan. 

Tindakan Tim Cook menjadikan perusahaan Cupertino yang berbasis di AS itu menjadi perusahaan paling bernilai di dunia dengan kapitalisasi pasar US$3 triliun atau sekitar 48 kuadriliun rupiah, demikian lapor Business Insider, Kamis (18/04/2024). ).

Tim harfam.co.id Techno telah mengumpulkan berbagai prestasi dan inovasi yang dilakukan Apple di tangan CEO Tim Cook, antara lain:

 

Pada tahun 2014, Apple mengakuisisi Beats Music dan Beats Electronic. Ini adalah berita yang mengejutkan pada saat itu. Pasalnya, di era Steve Jobs, Apple tidak pernah membeli perusahaan lain.

Menurut The New York Times pada Rabu (17/4/2024), akuisisi Beats yang dilakukan Apple merupakan langkah untuk bersaing dengan layanan streaming musik yang sedang naik daun.

Eksekutif Apple dan Beats mengatakan kedua perusahaan akan bekerja sama untuk memberikan konsumen di seluruh dunia lebih banyak pilihan untuk mendengarkan musik.

 

Pada tahun 2015, Apple memperkenalkan jam tangan pintar Apple Watch. Jam tangan pintar ini merupakan produk revolusioner pertama Apple sejak era Steve Jobs.

Apple Watch menawarkan sejumlah fitur dan teknologi canggih dalam ukuran dan bentuk seperti jam tangan.

Berkat kecanggihannya, Apple Watch menjadi salah satu jam tangan pintar terlaris sepanjang masa, mengukuhkan dominasi Apple di industri jam tangan pintar.

Setahun setelah peluncuran Apple Watch, perusahaan merilis headphone nirkabel yang menjadi model modis saat itu, yaitu AirPods.

Dikutip dari situs resmi Apple, headphone nirkabel ini merupakan produk revolusioner yang mengubah cara Anda mendengarkan musik, melakukan panggilan telepon, menonton acara TV, dan film.

AirPods juga menyediakan cara yang sangat mudah untuk menghubungkan headphone Anda ke perangkat Apple hanya dengan membuka wadah pengisi daya di sebelah iPhone Anda dan dengan satu ketukan, AirPods dapat dihubungkan ke perangkat apa pun yang Anda gunakan untuk masuk ke akun iCloud, termasuk iPad dan Mac .

AirPods telah menjadi tren dalam kenikmatan musik dan inovasinya telah ditiru oleh banyak pesaing.

Apple telah melebarkan sayapnya ke layanan streaming dan berlangganan berita, seperti Apple Music, Apple TV+, dan Apple News+, yang semuanya digabungkan menjadi satu layanan Apple One.

Layanan streaming ini menawarkan beragam konten premium yang memanjakan pengguna Apple hingga membuat mereka merasa nyaman berada di ekosistem Apple.

Pada era Tim Cook, Apple memperkenalkan seri iPhone Pro yang menawarkan fitur dan kemampuan kamera tercanggih.

Seri iPhone Pro pertama kali diperkenalkan pada tahun 2019 dengan diluncurkannya iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max.

Kedua lini mewakili teknologi smartphone tercanggih pada masanya, seperti layar OLED XDR, pengaturan tiga kamera berkualitas tinggi, dan desain premium.

Sejak saat itu, Apple secara konsisten memperkenalkan lini iPhone Pro dari tahun ke tahun. Dan baru-baru ini beredar rumor bahwa Apple akan meluncurkan lini iPhone 16 Pro pada tahun ini.

Tak hanya menghadirkan lini Pro, Apple juga meluncurkan iPhone SE. Ponsel ini menjadi pilihan bagi pengguna yang ingin menggunakan iPhone dengan harga lebih terjangkau.

IPhone SE pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016. Smartphone ini memiliki spesifikasi mumpuni dengan harga terjangkau, menggunakan chipset yang sama dengan iPhone 6s, iOS stabil, dan fitur eksklusif iPhone seperti iMessages dan Apple Pay.

Pada tahun 2020 lalu, Apple mengumumkan akan mengalihkan prosesor untuk komputer Mac dari Intel ke prosesor produksi Apple sendiri, yaitu Apple M1.

Berbeda dengan Intel yang masih menggunakan arsitektur x86, Apple M1 merupakan prosesor berbasis ARM buatan Apple yang jauh lebih hemat energi.

Chip Apple M1 terdiri dari integrasi antara CPU, GPU, dan berbagai teknologi lainnya yang memberikan kemampuan sistem-on-chip yang lebih baik dengan konsumsi daya yang lebih rendah.

 

Pada bulan Juni 2023, Apple memperkenalkan Apple Vision Pro. Headset realitas virtual ini berisi teknologi tercanggih yang pernah ada pada produk pesaing.

Vision Pro dihadirkan sebagai perangkat AR. Namun perangkat ini juga dapat sepenuhnya beralih antara AR dan VR (virtual reality) menggunakan fitur dial.

Headset ini menggunakan transmisi video yang memungkinkan pengguna melihat dunia nyata secara penuh warna, namun juga dapat memproyeksikan objek 3D di ruang nyata, termasuk memotret objek dunia nyata.

Saat berbicara dengan orang lain dari jarak jauh, Apple mengatakan pengguna dapat menggunakan audio spasial untuk melakukan berbagai tindakan. Salah satunya menempatkan peserta FaceTime di ubin video di sekitar ruangan.

Dalam 15 tahun di bawah kepemimpinan Tim Cook, Apple telah melihat pertumbuhan dan profitabilitas yang pesat bahkan dalam situasi ekonomi yang sulit.

Baru-baru ini, menurut situs resmi Apple, perusahaan tersebut membukukan pendapatan kuartalan sebesar $119,6 miliar (kira-kira Rs. 1,9 kuadriliun) pada kuartal pertama tahun fiskal 2024, naik dua persen tahun-ke-tahun dan laba kuartalan sebesar $2,18 per saham pada a nilai yang dikurangi. Amerika Serikat (sekitar Rs. 35 ribu), yang naik 16% dari tahun ke tahun.

Tim Cook berkata: “Kami dengan bangga mengumumkan bahwa basis perangkat aktif yang terpasang kini telah melampaui USD 2,2 miliar (sekitar Rp 32 triliun), level tertinggi di seluruh produk dan wilayah.”

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link