October 22, 2024
Penentuan Pichichi, Zarra, dan Zamora di Pekan Terakhir LaLiga

Penentuan Pichichi, Zarra, dan Zamora di Pekan Terakhir LaLiga

0 0
Read Time:2 Minute, 9 Second

Spanyol – LaLiga 2023/2024 tinggal menyisakan satu pertandingan lagi. Penentuan Pichichi, Zarra dan Zamora akan ditentukan pada pekan terakhir turnamen sepak bola Spanyol di level tertinggi tersebut.

Berbeda dengan perebutan gelar, kualifikasi Piala Eropa, dan degradasi. Uniknya, ini baru ketiga kalinya terjadi sepanjang sejarah, setelah musim 1930/1931 dan 2017/2018.

Namun perebutan gelar individu masih akan ditentukan hingga pekan ke-38. Pencetak gol terbanyak atau biasa disebut Pichichi saat ini dipimpin oleh Alexander Sorloth.

Alexander Sorloth telah mencetak 23 gol sejauh ini, empat di antaranya ia cetak pada pekan ke-37 LaLiga saat Villarreal bermain imbang 4-4 ​​dengan Real Madrid.

Merujuk laman resmi LaLiga, gol Sorloth mengingatkan masyarakat akan hat-trick Diego Forlan pada pekan ke-37 musim 2004/2005. Berkat 3 gol tersebut, Forlan menjadi Pichichi bersama Villarreal.

Sorloth saat ini bersaing dengan striker Girona FC Artem Dovbyk yang sudah mencetak 21 gol. Dovbyk berpeluang mengejar Sorloth karena akan menghadapi Granada pada pekan ke-38.

“Saya memberi tahu Dovbyk bahwa Sorloth mencetak empat gol dan dia melakukannya dengan cukup baik. Jadi saya mengatakan kepadanya ‘Saya harap Anda bisa membalikkan keadaan, meskipun pertandingan melawan Granada akan sangat sulit.’

Ada juga Piala Zarra yang disiapkan LaLiga. Ini merupakan gelar individu bagi pemain Spanyol yang mencetak gol terbanyak di LaLiga.

Saat ini, penyerang Getafe Borja Mayoral dan andalan Atletico Madrid Alvaro Morata memimpin daftar tersebut. Mereka telah mencetak 15 gol sejauh ini.

Morata berpeluang menjuarai Piala Zarra karena Mayoral masih mengalami cedera sejak akhir Maret 2024 dan belum pulih. Sedangkan Morata masih bisa bermain melawan Real Sociedad di pekan terakhir LaLiga.

Jika Morata bisa menambah jumlah golnya, maka itu akan menjadi kali pertama dalam kariernya ia menjuarai Piala Zarra. Motivasi penyerang berusia 31 tahun itu tentu sangat besar.

Lalu ada trofi Zamora yang diberikan kepada kiper yang memiliki rasio emisi terbaik dan di antara keduanya sudah bermain minimal 28 kali. Penjaga gawang Barcelona Marc-Andre ter Stegen telah mencatatkan 28 penampilan sejauh ini, setelah absen dalam beberapa pertandingan karena cedera.

Jika ter Stegen bermain melawan Sevilla pada pekan ke-38 LaLiga 2023/2024 dan mencatatkan clean sheet, maka ia akan menjuarai Piala Zamora. Karena rasio lancar dari 0,96 menjadi 0,93.

Angka tersebut akan lebih baik dari rekor kiper Athletic Bilbao Unai Simon dengan rasio 0,94. Ada teori yang mengatakan pihak klub akan mengistirahatkan Simon hingga pertandingan terakhir untuk mempertahankan rekornya. Barcelona dan Juventus ingin memanfaatkan kemerosotan Man United. Manchester United sedang terpuruk di awal musim ini. Sebelum pekan keenam Liga Inggris, tim asuhan pelatih Erik ten Hag berada di peringkat 13 dengan 7 poin. harfam.co.id.co.id 4 Oktober 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link