October 22, 2024
5 Cara Simpan Kulit Lumpia Agar Tetap Awet, Awet di Taruh Mana Saja

5 Cara Simpan Kulit Lumpia Agar Tetap Awet, Awet di Taruh Mana Saja

0 0
Read Time:2 Minute, 24 Second

harfam.co.id, Jakarta Saat ini kulit lumpia sudah menjadi salah satu bahan camilan yang sangat serbaguna. Lumpia dengan berbagai isian tidak hanya bisa dijadikan bahan utama berbagai resep camilan lainnya. Namun agar kulit lumpia tetap awet dan tidak mudah rusak, sangat penting untuk mengetahui cara penyimpanannya yang benar.

Penyimpanan lumpia yang tidak tepat dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit seperti tekstur kering, tumbuhnya jamur atau bahkan bau yang tidak sedap. Kulit lumpia yang tidak dirawat dengan baik tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, penyimpanan yang tepat sangat penting untuk menjaga kualitas kulit lumpia.

Anda tidak selalu membutuhkan lemari es untuk menjaga kesegaran kulit. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyimpan kulit lumpia dengan baik pada suhu ruangan, demikian lapor BrilioFood Kamis (20/20/10).

Berikut langkah-langkahnya yang dirangkum pada Selasa (13/08/2024).

Pertama, ambil tisu kering dan siapkan wadah. Kain kering ini akan berguna untuk menyerap kelembapan pada kulit lumpia.

Ambil dua lembar kertas kering dan letakkan di permukaan yang rata. Setelah itu letakkan beberapa lembar kulit pegas di atas kain. Kemudian kulit lumpia kita bungkus dengan hati-hati agar seluruh permukaannya tertutup baik dengan kain kering.

Setelah semua kulit lumpia terbungkus rapi dengan kain kering, letakkan gulungan secara hati-hati di atas piring atau piring yang telah disiapkan.

Letakkan gulungan kain dan kulit lumpia ke dalam plastik. Plastik ini akan membantu menjaga kebersihan dan melindungi kulit lumpia dari paparan cuaca secara langsung.

Anda bisa menyimpan kulit lumpia pada suhu ruangan, sehingga bisa bertahan hingga beberapa hari. Namun, jika ingin umur simpan lebih lama, simpan kulit lumpia di lemari es. Dengan cara ini, kulit pegas bisa bertahan hingga satu bulan dengan tetap menjaga kualitasnya.

Menurut pemilik channel YouTube/@Kedai Rasa, kain kering dapat menyerap cairan yang tersisa di kulit lumpia sehingga mengurangi risiko jamur. Cara ini terbukti efektif dan menarik perhatian banyak pengguna internet.

Video tutorial cara memegang gulungan kulit ini telah ditonton puluhan ribu kali dan mendapat banyak komentar positif dari pengguna YouTube. Beberapa tanggapan yang memuji trik ini antara lain:

Terima kasih tipsnya, tulis akun YouTube/MUMTAZ DAILY. Terima kasih ilmunya, kata akun YouTube/Zaki Zahran Firjatulloh. Terima kasih kawan, bisa dicoba. “Biasanya suka mubazir,” ujar akun YouTube/Enni Media. Terima kasih, kata akun YouTube / Sinta Sadsuitubun. Terima kasih infonya, tulis akun YouTube/Siti Hodijah.

Dengan trik sederhana ini, Anda bisa memastikan kulit lumpia Anda tetap awet dan siap digunakan setiap saat, tanpa khawatir rusak atau berjamur.

Anda bisa mencoba melembabkan kulit pegas dengan sedikit air sebelum digunakan atau menggantinya dengan yang baru.

Sebaiknya jangan dilakukan, lebih baik simpan kulit lumpia di lemari es agar tetap segar.

Cairkan kulit lumpia beku di lemari es selama beberapa jam atau semalaman sebelum digunakan.

Kulit lumpia beku dapat disimpan di freezer hingga 6 bulan.

Jika Anda ingin lumpia buatan sendiri, simpanlah dalam wadah kedap udara dan biarkan hingga benar-benar dingin sebelum dimasukkan ke dalam lemari es atau freezer.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link