October 22, 2024
Pagelaran Maha Wasundari Buka Festival Indonesia Bertutur Kemendikbudristek 2024

Pagelaran Maha Wasundari Buka Festival Indonesia Bertutur Kemendikbudristek 2024

0 0
Read Time:2 Minute, 8 Second

BALI – Pertunjukan Maha Wasundari yang diisi beragam seni dan tari Bali membuka mega festival Indonesia Bertutur (Intur) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) 2024. Pembukaan festival digelar pada Lapangan Chandra Muka Batubulan, Gianyar, Bali pada Rabu (7/8).

Maha Wasundari sendiri diketahui merujuk pada keagungan air dan bumi yang menopang manusia. Program ini menampilkan tari Bali dari tiga genre yang telah diakui sebagai warisan budaya dunia, yaitu Wali, Bebali dan Balih-balihan, dalam pertunjukan seremonial dalam lingkungan seni mutakhir.

Baca juga: Penghargaan Desa Budaya, Nadiem Harap Bisa Menginspirasi Desa Lainnya

“Pada kesempatan kali ini, penampilan Maha Wasundari mengingatkan kita semua sebagai masyarakat untuk menghargai budaya dan keanekaragaman hayati, karena di sinilah letak kekuatan Indonesia. “Jika kedua hal ini digabungkan, bisa dikatakan kita memiliki masa depan cerah di depan,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid.

Bersamaan dengan pembukaan tersebut, lima fasilitas di Ubud yaitu ARMA Museum & Resort, Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma, Galeri Seni TONYRAKA, Museum Seni Neka dan Museum Puri Tikus, telah resmi dibuka di Kamp Chandra Muka di Batubulan dan dapat dikunjungi. dari masyarakat melalui berbagai rangkaian kegiatan yang dikurasi.

“Semangat membangun masa depan dengan mengembangkan strategi pengembangan budaya berkelanjutan melalui karya kreatif di bidang seni dan budaya adalah inti dari Bertutur Indonesia. “Saya berharap karya-karya yang dipilih dan dipersembahkan kepada masyarakat luas dapat menjadi inspirasi untuk menjaga keharmonisan dengan sesama, alam, dan Sang Pencipta,” kata direktur artistik Indonesia Bertutur Melati Suryodarmo.

Indonesia Bertutur dapat dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara selama 12 hari mulai 7 hingga 18 Agustus 2024 di tiga lokasi Batubulan, Ubud, dan Nusa Dua.

Kemudian, Direktur Sinema, Musik, dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ahmad Mahendra mengatakan, segala persiapan Bertutur Indonesia dilakukan secara maksimal, sehingga berbagai pertunjukan seni dan budaya dikemas secara menarik. dan bisa disaksikan bersama.

Baca juga: 5 Pelaku Kebudayaan Dapat Penghargaan Kebudayaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

“Saya berharap penyelenggaraan Indonesia Bertutur 2024 dapat membawa banyak manfaat bagi para pelaku seni dan budaya serta masyarakat sekitar dan berjalan sukses hingga penutupan pada 18 Agustus mendatang,” kata Mahendra.

Sekadar informasi, aula Indonesia Bertutur 2024 tidak hanya dapat diakses oleh masyarakat umum setelah melakukan pendaftaran di situs resmi Indonesia Bertutur 2024 https://Indonesiabertutur.kemdikbud.go.id/.

Setelah mendaftar, setiap orang akan mendapatkan tiket digital berupa kode QR yang akan dikirimkan ke alamat emailnya

Yang disediakan saat pendaftaran atau melalui tab “Tiket Saya” di akun Anda di situs web.

Keseluruhan program Indonesia Bertutur 2024 terdiri dari 9 program utama yaitu Maha Wasundari – Opening Ceremony and Show, Visaraloka, Kathanaya, Layarambha, Ekayana, Samaya Sastra, Anarta, Kiranamaya dan Virama.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link