October 22, 2024
Pilih Daycare untuk Anak, Apa yang Perlu Diperhatikan Orang Tua?

Pilih Daycare untuk Anak, Apa yang Perlu Diperhatikan Orang Tua?

0 0
Read Time:1 Minute, 22 Second

harfam.co.id, Jakarta – Kassandra Putranta, psikolog klinis lulusan Universitas Indonesia, menyoroti kasus kekerasan pada anak yang terjadi ketika anak dititipkan kepada orang lain. Untuk membantu orang tua menghindari situasi ini, Cassandra mengatakan ada beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum menempatkan anak Anda di penitipan anak.

“Orang tua bisa belajar tentang kualitas prasekolah. Kualitas pengasuhan di prasekolah sangat mempengaruhi perkembangan kognitif, sosial dan emosional anak,” kata Cassandra.

Cassandra menjelaskan bahwa lingkungan prasekolah yang berkualitas tinggi dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi anak-anak, termasuk keterampilan sosial yang lebih baik dan peningkatan prestasi akademik jangka panjang. FYI, sebelumnya video penganiayaan yang diduga dilakukan oleh Meita Irianti atau Tata Irianti viral di media sosial, Meita Irianti merupakan sosok berpengaruh sekaligus pemilik tempat penitipan anak.

Dewan Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta pemerintah memastikan peraturan di seluruh fasilitas penitipan anak tidak bertentangan dengan peraturan dan perundang-undangan. Hal ini merupakan imbas dari kasus virus yang melibatkan seorang kepala taman kanak-kanak di Depok, Jawa Barat, yang diduga melakukan pelecehan terhadap anak.

“Pemerintah harus memastikan petugas Taman Kanak-Kanak mendapat kesempatan belajar tentang perlindungan anak,” kata Anggota KPAI Dian Sasmita di Jakarta, Rabu (31 Juli 2023).

KPAI mengkaji kasus tersebut berdasarkan informasi dan bukti yang diberikan keluarga dan kuasa hukum. Selanjutnya, setelah melakukan investigasi, sesuai SOP pengaduan, KPAI akan berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk pihak kepolisian dan Tim Teknis Kawasan Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) setempat untuk memastikan kasus tersebut ditangani sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dipertimbangkan secara serius.

Diane berkata: “Setiap kasus terhadap anak harus ditangani secara profesional, transparan dan cepat, dan semua pelaku kekerasan terhadap anak harus diperlakukan tanpa toleransi dan harus diadili.”

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link