Astronot Eropa Ubah Batu Meteor Jadi Balok LEGO

Read Time:53 Second

MENLO PARK – Ilmuwan Badan Antariksa Eropa (ESA) sedang mengembangkan teknologi inovatif pembuatan batu bata LEGO dari bahan luar angkasa!

Bukan sembarang LEGO, balok-balok ini dicetak 3D menggunakan miliaran material luar angkasa. Yang terbaik dari semuanya, cara kerjanya sama seperti balok LEGO biasa dan ya, sama sakitnya jika Anda menginjaknya!

Seperti dilansir IFL Science, bahan utama pembuatannya adalah regolith, yaitu tanah di Bulan yang terbentuk dari bebatuan tajam akibat hantaman meteor selama miliaran tahun dan paparan partikel bermuatan Matahari.

Regolith ini tidak tersedia di Bumi, namun para ilmuwan dapat mensimulasikannya dengan mencampurkannya dengan polimer biodegradable yang disebut polilaktida.

Untuk menambah realisme, mereka menambahkan bahan ketiga: debu meteorit. Debu meteorit ini merupakan material yang paling mirip dengan regolith di Bumi, dan diperoleh dari meteorit berusia 4,5 miliar tahun yang jatuh di Afrika Utara pada tahun 2000.

Proyek ini menandai langkah maju dalam upaya membangun struktur di Bulan. Di masa depan, para ilmuwan berharap dapat menggunakan regolit bulan yang sebenarnya untuk membangun habitat dan infrastruktur di sana, menggunakan teknologi pencetakan 3D dan bahan-bahan inovatif seperti ini.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Tips Sehat Jalankan Puasa Ramadhan bagi Pengidap Asam Urat, Dokter: Hindari Makanan Tinggi Purin
Next post Platform GitHub Diserang Hacker, Jutaan Pengguna Microsoft Terancam!