harfam.co.id, Jakarta – Bulbali menghadirkan rangkaian acara belanja spesial bertajuk THR Ramadhan bersama Bulbali yang berlangsung mulai 11 Maret hingga 1 April 2024. Dalam program tersebut, Bulbli menyuguhkan beberapa tayangan istimewa selama periode Ramadhan tahun ini.
Beberapa program yang ditawarkan Bubbly antara lain voucher perlengkapan harian diskon hingga 90 persen, ekstra cashback hingga Rp 500.000, brand deals dengan diskon besar, dan penawaran menarik lainnya.
Menurut Campaign Manager Blibli Wilson Kiantoro, program Blibli membuat berbelanja menjadi lebih mudah dan nyaman bagi pelanggan.
Selain itu, berdasarkan data Business Desk hingga akhir tahun 2023, satu dari tiga masyarakat Indonesia berencana meningkatkan belanjanya menjelang bulan Ramadhan dan hingga Idul Fitri 2024.
Survei tersebut juga menunjukkan bahwa 85 persen dari seluruh responden telah mencoba berbagai merek baru.
Dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (13/3/2024), Wilson mengatakan: “Berdasarkan tren yang terus berlanjut setiap tahunnya, jumlah pembelian di Bubbly pada Ramadhan 2023 akan meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.”
Mengingat program Bulbali jelang Ramadhan 2023, ada tiga kategori produk yang paling banyak dicari masyarakat saat berbelanja online, yaitu kebutuhan sehari-hari, peralatan rumah tangga dan kesehatan di Bulbilmart, serta produk kecantikan.
Untuk itu, Bubbly menawarkan lebih banyak pilihan dan kemudahan dalam program THR ini. Salah satunya Bliblimart yang memberikan berbagai penawaran seperti kadaluwarsa 2 jam, promo flash sale total Rp 5 ribu, dan gratis ongkos kirim.
Selain itu, penjualan produk elektronik juga mengalami pertumbuhan positif selama bulan Ramadhan. Misalnya, tahun lalu, jumlah mesin cuci meningkat dua kali lipat selama bulan Ramadhan.
Untuk itu, Blibli kembali memberikan promo menarik belanja produk elektronik rumah tangga seperti mesin cuci, penyedot debu, televisi, dan AC. Tersedia juga beberapa voucher menarik dan fitur gratis cicilan 0 persen.
Pada periode ini, Blibli juga memberikan promo spesial untuk pembelian produk Samsung dengan cashback hingga Rp 500.000 di berbagai produk.
Di sisi lain, Bubbles juga mengungkapkan bagaimana mereka menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam layanan purna jualnya.
Dalam beberapa tahun terakhir, penerapan algoritma AI dan pembelajaran mesin (ML) telah menjadi salah satu kunci efisiensi dan peningkatan layanan bisnis.
Perusahaan mengatakan salah satu tantangan yang mereka hadapi sebagai pemain di industri e-commerce adalah menjaga kepuasan pelanggan pada tahap pasca-penjualan.
Untuk itu Bubbly melakukan inovasi bisnis dengan menerapkan teknologi AI dan ML pada proses pengembalian barang langsung.
Menurut Bubli, pelanggan pada tahap purna jual seringkali bingung mengenai mekanisme pengembalian barang yang benar, aman dan tepat, serta kesulitan mencari informasi mengenai hal tersebut.
Survei Statista pada bulan Juni 2023 menunjukkan bahwa kemudahan pengembalian barang menjadi salah satu pertimbangan terpenting masyarakat Indonesia saat memilih platform e-commerce.
Itu sebabnya Bubbly juga menerapkan teknologi AI dan ML dengan menawarkan solusi pengembalian instan melalui situs web atau aplikasinya.
Fitur ini akan memudahkan pelanggan dalam melakukan pengembalian barang sesuai ketentuan, kata Aziza Purvitsari, Bubble Head of Business Process Transformation.
Pelanggan hanya perlu mengikuti petunjuk pada formulir yang muncul di aplikasi dan website Bubbly.
“Teknologi deteksi kerusakan produk AI tidak hanya memeriksa gambar produk, tetapi juga secara otomatis memeriksa kondisi barang yang ingin dikembalikan,” ujarnya.
“Selain itu, penawaran AI Auto Solution akan menggunakan data dari hasil pencarian, bersama dengan informasi tentang riwayat pembelian pelanggan dan kebijakan pengembalian produk, untuk memberikan solusi.”
Pelanggan Bubbly dapat menemukan solusi pengembalian instan untuk pengembalian barang pada tahap pasca pembelian atau setelah transaksi selesai.
Apabila terdapat perbedaan pada barang yang diterima dan ingin dikembalikan, pembeli bubble dapat langsung memprosesnya secara mandiri.
Di sini, pengguna harus memilih dan memotret terlebih dahulu barang yang ingin dikembalikan. Dia kemudian harus mengisi dan menyerahkan formulir online untuk mendapatkan nomor permohonan yang dapat digunakan untuk memantau prosesnya.
Jika diperlukan informasi lebih lanjut, pelanggan akan menghubungi agen Bubble Care.
Dalam proses ini, Bubbly menggunakan fungsi deteksi kerusakan produk AI yang secara otomatis mendeteksi kondisi barang yang ingin dikembalikan berdasarkan foto yang dilampirkan pelanggan.
Fitur ini juga memberikan saran solusi. Misalnya jika ada barang yang rusak, hasil deteksi AI pada gambar akan menginstruksikan pusat pengembalian untuk segera mengirimkan penggantinya.