harfam.co.id, Seoul – Korea Consumer Agency (KCA) baru-baru ini merilis laporan menarik. Melaporkan dari Celeb Dikonfirmasi, Korea JoongAng Daily memberitakan pada Selasa (24/09/2024) bahwa agensi tersebut membeberkan data kepada pihaknya mengenai jumlah pengaduan konsumen tertinggi terhadap agensi K-Pop besar sejak Januari 2020 hingga Agustus tahun ini.
Data ini dirilis atas permintaan Perwakilan Partai Demokrat Lee Jung Mun. Kelima agensi yang diperiksa datanya adalah HYBE, Kako Entertainment, SM Entertainment, JYP Entertainment, dan YG Entertainment.
Sebanyak 129 kasus atau 66 persen pengaduan yang masuk ke AKK terkait HYBE. Sebanyak 36 pengaduan ditujukan terhadap Kakao Entertainment, 29 pengaduan ditujukan kepada SM Entertainment, dan 16 pengaduan ditujukan kepada JYP Entertainment.
Selama periode ini, KCA tidak menemukan keluhan apapun terkait YG Entertainment.
Sejumlah keluhan yang disampaikan konsumen berkaitan dengan cacat produk yang ditujukan kepada idola K-Pop, keterlambatan pengiriman, dan pengembalian uang atas produk yang dijual oleh agen online.
Masalah keluhan konsumen ditanggapi dengan serius di Korea Selatan. Agustus lalu, Komisi Perdagangan Korea mendenda Weverse Company, YG Plus, SM Brand Market, dan JYP360 sebesar 10,5 juta won karena mengubah periode pengembalian dana, sehingga merugikan konsumen.
Undang-Undang Perlindungan Konsumen dalam Perdagangan Elektronik mengizinkan konsumen untuk meminta pengembalian dana atas produk cacat dalam waktu 3 bulan sejak diterimanya. Sedangkan di toko online yang dioperasikan oleh agensi K-Pop, permintaan refund berlaku selama tujuh hari setelah pemesanan.
HYBE sendiri tengah menjadi sorotan industri musik dalam beberapa bulan terakhir, akibat perseteruannya dengan Min Hee Jin yang terus meluas. Setelah Min Hee Jin dicopot dari posisi CEO ADOR, konflik malah meluas.
Pasalnya artis agensi NewJeans ini meminta Min Hee Jin kembali ke posisi semula.
“CEO Min Hee Jin bukan hanya orang yang memproduseri musik kami, tapi juga orang yang menjadikan NewJeans seperti sekarang ini. “Dia berbicara tentang detail terkecil dengan kami dan menjelaskannya dengan cara yang dapat kami pahami dengan jelas,” kata Danielle dalam siaran langsung yang dipandu grupnya beberapa waktu lalu.
Dia melanjutkan, “NewJeans memiliki warna dan corak khas, yang dibuat dengan CEO Min Hee Jin. Ini adalah bagian integral dari identitas NewJeans dan kami semua yakin ini tidak tergantikan.