Snapdragon 7+ Gen 3 Resmi Meluncur, Hadir dengan Dukungan AI Generatif On-Device

Read Time:2 Minute, 46 Second

harfam.co.id, Jakarta – Qualcomm resmi meluncurkan Snapdragon 7+ Gen 3 dengan kemampuan AI generatif dalam perangkat.

Chipset Snapdragon ini disebut-sebut mampu menjalankan berbagai model AI, termasuk LLM (model bahasa besar) seperti Baichuan-7B, Llama 2, Gemini Nano, dan Zhipu ChatGLM.

Snapdragon 7+ Gen 3 juga dilengkapi dengan beberapa fitur Snapdragon Elite Gaming seperti Game Post Processing Accelerator dan Adreno Frame Motion Engine 2 yang meningkatkan kualitas efek dan grafis dalam game.

Dengan fitur ini, Qualcomm menjanjikan pengalaman bermain game yang optimal bagi pengguna, bahkan di kelas visual PC. Sedangkan untuk fotografi, chipset ini dilengkapi dengan Cognitive ISP 18-bit milik Qualcomm.

“Hari ini merupakan perluasan terbaru dari seri Snapdragon 7, yang memberikan konsumen pengalaman terbaik dalam menikmati hiburan favorit mereka dengan mengintegrasikan teknologi generasi terbaru untuk pengalaman yang lebih baik,” kata Chris Patrick, Senior Vice President dan General Manager, Mobile Phones, Qualcomm Teknologi. dalam keterangan resmi yang diterima Sabtu (23/3/2024).

Menurut Chris, selain fitur AI generatif pada perangkatnya, Snapdragon 7+ Gen 3 juga dibekali dengan performa prima, efisiensi daya optimal, dan ketersediaan Wi-Fi 7 yang pertama kali tersedia di seri Snapdragon 7. .

OnePlus disebut-sebut menjadi merek smartphone pertama yang mengadopsi chipset ini. Hal ini diumumkan oleh presiden OnePlus China, Louis Li.

“Dengan platform yang kuat ini, kami bersemangat untuk menghadirkan kepada pelanggan kami kecerdasan perangkat yang luar biasa, pengalaman bermain game yang luar biasa, dan kemampuan fotografi yang luar biasa, serta fitur-fitur lainnya,” kata Louis.

Selain OnePlus, beberapa merek smartphone yang pertama kali mendapatkan chipset ini adalah Realme dan Sharp.

Perangkat pertama yang menerima Snapdragon 7+ Gen 3 dijadwalkan diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan.

Sekadar informasi, chipset ini menjanjikan peningkatan CPU sebesar 15% dan GPU sebesar 45% dibandingkan versi sebelumnya. Selain itu, konsumen listrik juga berhemat hingga 5 persen.

Snapdragon 7+ Gen 3 didasarkan pada arsitektur 4nm dengan inti utama Cortex-X4, empat inti kinerja, dan tiga inti efisiensi. Qualcomm menggunakan modem Snapdragon X63 pada chipset ini.

Sebelumnya, Qualcomm juga secara resmi meluncurkan chipset Snadpragon 8s Gen 3, yang menghadirkan fitur-fitur seri 8 ke lebih banyak smartphone untuk performa luar biasa.

Snapdragon 8s Gen 3 dikatakan hadir dengan beberapa fitur canggih, termasuk kemampuan AI generatif pada perangkat, ISP yang selalu aktif, mobile gaming, dan kompresi audio lossless resolusi tinggi.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (19/3/2024), chipset baru ini mendukung berbagai model AI, termasuk LLM (model bahasa besar) populer seperti Baichuan-7B, Llama2, dan Gemini Nano.

“Dengan kemampuan AI generatif pada perangkat dan kemampuan fotografi tingkat lanjut, Snapdragon 8s Gen 3 dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna guna meningkatkan kreativitas dan produktivitas dalam kehidupan sehari-hari,” kata Chris Patrick, wakil presiden senior dan manajer umum teknologi seluler Qualcomm.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Snapdragon 8s Gen 3 akan digunakan oleh sejumlah pabrikan seperti Honor, iQOO, Realme, Redmi dan Xiaomi. Perangkat pertama yang dibekali chipset ini diperkirakan akan dirilis pada Maret 2024.

Sebagai informasi, Snapdragon 8s Gen 3 merupakan chipset 4nm dengan inti utama Cortex-X4 berkecepatan 3,0 GHz, empat inti di 2,8 GHz, dan tiga inti di 2,0 GHz. Chipset ini mendukung RAM LPDDR5x hingga 24GB dan penyimpanan UFS 4.0.

Untuk kebutuhan gaming, chipset Qualcomm ini didukung GPU Adrena yang didukung hardware-accelerated ray tracing. Lalu ada Adreno Frame Motion Engine 2.0 yang mampu menggandakan frame rate tanpa menghabiskan daya ekstra.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 10 Potret Rumah Alshad Ahmad Bak Istana Eropa, Dijual Rp300 M
Next post OJK: 5 Perusahaan Asuransi Siap Spin off Unit Usaha Syariah pada 2024