harfam.co.id, Jakarta – Layanan berbagi video YouTube kini semakin agresif memerangi AdBlocker. Salah satu cara untuk menghentikan praktik pemblokiran iklan adalah dengan menargetkan aplikasi pemblokiran iklan pihak ketiga yang sedang populer.
Sebelumnya, YouTube memulai perang melawan AdBlocker dengan mencegah video YouTube diputar di browser yang menggunakan plugin AdBlock.
Pengguna yang menggunakan plugin pemblokiran iklan ini akan menerima peringatan dari aplikasi YouTube untuk berhenti menggunakan pemblokiran iklan.
Faktanya, beberapa orang mengeluhkan lambatnya pemuatan video, meskipun YouTube kemudian mengatakan bahwa mereka tidak memperlambat video untuk pengguna yang memiliki pemblokir iklan aktif.
Saat ini, mengutip Android Headlines, Kamis (18/4/2024), YouTube bertujuan untuk membatasi pengguna yang menggunakan aplikasi pemblokir iklan YouTube pihak ketiga, seperti ReVanced, untuk mengakses video di platform tersebut.
Anak perusahaan Google mengatakan aplikasi ReVanced melanggar persyaratan layanannya karena mengizinkan pengguna menonaktifkan iklan, dan menonaktifkan iklan mencegah pembuat konten menerima hadiah atas video yang diputar di YouTube.
“Kami ingin menekankan bahwa persyaratan kami tidak mengizinkan aplikasi pihak ketiga untuk menonaktifkan iklan karena hal ini mencegah pembuat konten mendapatkan imbalan atas penayangannya, dan iklan di YouTube membantu mendukung pembuat konten dan memungkinkan miliaran orang di seluruh dunia untuk menggunakan layanan streaming, ” kata YouTube di halaman dukungannya.
Bagi pengguna yang masih menonton video melalui aplikasi pemblokir iklan, baik menggunakan Android atau iOS, kemungkinan besar akan mengalami penurunan kualitas video.
YouTube secara khusus menyatakan bahwa pengguna yang menonton melalui aplikasi mungkin mengalami buffering. Mereka mungkin juga melihat kesalahan yang menyatakan bahwa konten yang mereka coba lihat tidak tersedia di aplikasi.
Langkah ini diambil semata-mata oleh YouTube untuk membuat pengguna beralih berlangganan layanan premium bebas iklan mereka.
Namun aplikasi ReVanced telah memberikan pengguna jalan keluarnya hingga saat ini. YouTube juga mengumumkan akan mulai menindak aplikasi yang melanggar kebijakannya.
Untuk saat ini, tampaknya pengguna mungkin mengalami pemutaran video yang lambat. Atau beberapa video tidak dapat dilihat sama sekali.
Namun, di masa mendatang, beberapa aplikasi ini mungkin tidak dapat lagi menggunakan YouTube API.
YouTube terus meningkatkan program monetisasi kontennya melalui video pendek.
Dikutip Engadget, perusahaan mengumumkan bahwa lebih dari seperempat pembuat konten yang tergabung dalam program mitra YouTube kini menghasilkan uang dari video pendek.
Pencapaian ini terjadi setahun setelah YouTube mulai membagi pendapatan iklan dengan pembuat konten Shorts.
YouTube mengklaim saat ini mereka memiliki lebih dari 3 juta pembuat konten di seluruh dunia dalam program mitranya.
Dengan program afiliasi ini, jumlah pembuat YouTube Shorts yang menghasilkan uang di platform ini telah mencapai ratusan ribu.
Karena iklan di Shorts muncul di antara klip di feed, struktur bagi hasil untuk Shorts berbeda dengan konten berdurasi lebih panjang di YouTube.
Pendapatan iklan dikumpulkan dan didistribusikan di antara pembuat konten yang memenuhi syarat berdasarkan faktor-faktor seperti jumlah penayangan dan lisensi musik yang digunakan dalam video.
Perusahaan asal Google ini mengatakan aturan yang diterapkan jauh lebih menguntungkan kreator dibandingkan dana kreator di TikTok.
Di sisi lain, YouTube akan memberikan kebijakan baru untuk video yang menggunakan AI untuk membuat konten.
Mulai saat ini, platform berbagi video Google akan mewajibkan pembuat konten yang menggunakan AI dalam pembuatan videonya untuk menyertakan label tambahan.
Label ini diperlukan untuk menunjukkan bahwa video tersebut menggunakan AI dalam proses pembuatannya. Selain itu, penandaan dimaksudkan untuk memberikan transparansi pada semua konten yang diunggah.
YouTube mengklaim konten yang dihasilkan AI cenderung mudah ditafsirkan oleh sebagian pengguna sebagai penyampaian informasi tentang suatu peristiwa, tempat, atau peristiwa tertentu, seperti dikutip Engadget.
Jika nantinya pembuat konten membuat tiruan suara orang sungguhan untuk membaca suatu video atau mengganti wajah orang lain dengan wajah orang lain, maka pembuat konten harus memberikan label pada saat mengunggah.