September 21, 2024
Merokok Tinggalkan ‘Bekas Luka’ pada Sistem Kekebalan Tubuh

Merokok Tinggalkan ‘Bekas Luka’ pada Sistem Kekebalan Tubuh

0 0
Read Time:2 Minute, 5 Second

harfam.co.id, JAKARTA – Dampak terhadap sistem kekebalan tubuh tetap ada bahkan setelah seseorang berhenti merokok. Dalam sebuah makalah yang diterbitkan di Nature, para peneliti di Institut Pasteur mengungkapkan bahwa merokok menyebabkan tanda epigenetik pada DNA dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Salah satu penulis penelitian tersebut, Dr. Duffy, mengatakan bahwa merokok diketahui secara luas dapat membuat seseorang berisiko terkena kanker. Selain itu, ia dan timnya mencoba mempelajari dampak negatif merokok terhadap respon imun.

“Ini efek jangka panjang, dan juga efek kumulatif,” kata Duffy yang merupakan psikolog di Institut Pasteur seperti dikutip dari laman Scientist, Selasa (16/4/2024). 

Para peneliti menemukan bahwa merokok mempengaruhi respon imun bawaan dan adaptif dalam berbagai kondisi stimulus, sehingga menciptakan semacam “bekas luka” pada sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga terbukti meningkatkan kadar sitokin pada perokok dibandingkan dengan orang yang tidak pernah merokok.

Sitokin adalah senyawa kimia yang menjadi sarana komunikasi antar sel terkait dalam sistem kekebalan tubuh. Pada saat yang sama, respon imun adaptif adalah sekumpulan sel imun khusus yang memberikan perlindungan jangka panjang dan permanen terhadap penyakit kronis.

Untuk mensimulasikan kondisi infeksi di laboratorium, tim peneliti secara sistematis memaparkan sampel darah lengkap dari donor ke berbagai kondisi perangsang kekebalan yang menangkap berbagai agen perangsang sel kekebalan, termasuk mikroba dan virus. Para peneliti mengukur produksi sitokin terkait penyakit setelah terpapar pada kondisi pemicu yang menargetkan sistem kekebalan bawaan, yaitu jaringan respons terprogram yang bereaksi cepat terhadap infeksi baru. Untuk memilih faktor-faktor yang sangat terkait dengan fenotip imun spesifik, hasil kuesioner kesehatan peserta digabungkan dengan variabel sosiodemografi, lingkungan, klinis, dan makanan.  

Jika diukur pengaruh setiap tantangan imun terhadap produksi sitokin, terdapat tiga variabel yang berpengaruh signifikan, yaitu indeks massa tubuh, infeksi sitomegalovirus laten, dan merokok. Ketika tim mengamati fenotip imun mantan perokok, profil imun bawaan serupa dengan non-perokok, namun respons imun bawaan serupa dengan perokok saat ini.

Para penulis memutuskan untuk mengeksplorasi data lebih jauh untuk menemukan sel-sel yang mendorong efek merokok terhadap respon imun. Para peneliti memasukkan data aliran sitometri ke dalam peserta penelitian, dan tidak ada subset sel spesifik yang muncul sebagai mediator respon imun bawaan. 

Namun, ada banyak sel B dan sel T pengatur yang berkontribusi signifikan terhadap efek jangka panjang merokok terhadap kekebalan tubuh. Duffy dan timnya telah memberikan bukti bahwa gen ini memiliki efek jangka panjang terhadap sistem kekebalan tubuh perokok. 

Dengan kata lain, merokok mengubah respons imun jangka pendek dan jangka panjang, seperti yang ditunjukkan oleh peningkatan kadar sitokin, dan meninggalkan tanda epigenetik pada gen. “Sekarang adalah waktu terbaik untuk berhenti,” kata Duffy.  

 

 

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link