September 21, 2024
Sering Diabaikan Para Ibu, Ketahui Penyebab Ruam Kulit dan Popok Serta Cara Mencegahnya

Sering Diabaikan Para Ibu, Ketahui Penyebab Ruam Kulit dan Popok Serta Cara Mencegahnya

0 0
Read Time:2 Minute, 12 Second

harfam.co.id – Para ibu kerap menghadapi masalah bayi rewel. Hal ini dapat membuat bayi Anda mengantuk bahkan mengganggu jadwal tidurnya.

Seringkali bayi rewel karena mempunyai masalah, salah satunya adalah ruam popok. Masalah pada bayi ini seringkali disebabkan oleh cara atau kesalahan dalam penggunaan popok.

Kondisi ini bisa memicu masalah dermatitis pada bayi, terutama pada area yang tertutup popok. Faktanya, masalah ruam bisa menyebabkan kulit bayi Anda mengalami iritasi dan merah. Ilustrasi popok bayi. (lebih dekat)

Namun yang jelas, ruam popok dan penyakit kulit merupakan masalah yang berbeda pada bayi. Lucky Cheng, Direktur Pasar MAKUKU Indonesia, mengatakan ada banyak penyebab terjadinya masalah ini.

Ruam

Zheng Lekai menjelaskan, sekitar 75% ruam disebabkan oleh pemilihan popok yang salah.

“Tujuh puluh lima persen ruam pada kulit bayi disebabkan oleh pemilihan popok yang salah sehingga menyebabkan iritasi dan kemerahan,” kata Lucky Cheng dalam siaran pers MAKUKU SAP Diapers Pro Care (13 Oktober 2022).

Kesalahan dalam pemilihan popok juga disebabkan oleh penyebab ruam lainnya, antara lain popok tidak diganti tepat waktu dan cara pembersihan yang salah sehingga menyebabkan ruam kulit.

Ruam popok

Sedangkan ruam popok tidak jauh berbeda. Masalah ini juga disebabkan oleh pemilihan popok yang salah. Namun penyebab ruam popok lainnya berbeda-beda. Kondisi ini lebih berkaitan dengan kondisi yang disebabkan oleh berbagai macam penyebab, antara lain: Permukaan popok yang basah Sirkulasi udara yang terlalu berat atau buruk Permukaan popok yang kasar pada kulit sensitif Popok menggumpal

Untuk mencegah kedua masalah ruam ini, diperlukan perawatan khusus. Dokter anak. Scorpicanrus Tumpal Andreas Christian Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A., mengatakan ruam popok dan masalah kulit memerlukan pendekatan preventif.

Cara paling penting untuk mencegahnya adalah dengan rutin mengganti popok, terutama yang sudah penuh. Dokter Andreas menjelaskan, saat bayi buang air kecil, urine tersebut mempengaruhi kesehatan kulitnya. Hal ini dapat menyebabkan ruam pada kulit.

Itu sebabnya penting untuk mengganti popok secara teratur. Untuk bayi baru lahir, penting untuk menggantinya setiap 2 jam. Sedangkan untuk bayi 1-12 bulan, pergantiannya terjadi setiap 2-3 jam sekali. Selain itu, untuk bayi di atas 12 bulan, waktu penggantian popoknya sekitar 3-4 jam. Namun, jika Anda sedang buang air besar, sebaiknya segera mengubahnya.

Mengganti popok juga memberi ruang bagi kulit Anda untuk bernapas. Ini akan membantu mencegah munculnya ruam pada kulit Anda. Selain itu, penting juga untuk memberikan krim yang mengandung zinc oxide. Kandungan zinc oksida membantu mencegah ruam pada kulit bayi Anda.

“Sangat penting untuk mengganti popok bayi setidaknya setiap 3 hingga 4 jam sekali. Karena akan memberikan ruang pada kulit dan memberinya kesempatan untuk beristirahat. Di satu sisi, orang tua juga bisa memberikan krim apa saja yang mengandung zinc oxide” Ini akan mencegah munculnya ruam di kemudian hari,” jelas dr Andreas.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link