September 21, 2024
Minum Teh Bisa Bantu Meredakan Sakit Kepala, Ini Alasannya

Minum Teh Bisa Bantu Meredakan Sakit Kepala, Ini Alasannya

0 0
Read Time:3 Minute, 34 Second

harfam.co.id, Jakarta – Banyak orang yang mengandalkan teh untuk menghilangkan rasa pegal, nyeri, atau stres. Salah satunya meredakan sakit kepala? Tapi apakah teh benar-benar bisa membantu meringankan gejala, atau malah memperburuknya?

Teh, minuman terpopuler kedua setelah air putih, memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi pilek dan kecemasan. Bagi penderita sakit kepala, teh mungkin tampak seperti solusi sederhana untuk mengatasi sakit kepala dan meredakan tekanan.

Namun hubungan antara teh dan sakit kepala lebih rumit. Tergantung pada jenis teh dan penggunanya, teh bisa menjadi obat sekaligus penyebab sakit kepala.

Teh membantu meredakan sakit kepala bagi sebagian orang

Menurut Health Reports, minum teh dapat membantu mengurangi sakit kepala. Salah satu alasannya adalah teh membantu meningkatkan asupan air dan retensi air dalam tubuh. Dehidrasi ringan dapat menyebabkan sakit kepala, jadi minum teh dapat membantu mencegah hal ini.

Bagi sebagian orang, kafein dalam teh juga bisa membantu meredakan sakit kepala. Kafein dapat membantu mengatasi pembuluh darah melebar yang menjadi salah satu penyebab sakit kepala.

Selain itu, teh memiliki sifat obat penenang yang dapat membantu mengurangi stres. Stres dapat menyebabkan sakit kepala karena tegang, jadi minum teh dapat membantu menguranginya. Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa orang yang minum empat cangkir teh sehari selama 6 minggu mengalami penurunan stres yang lebih baik.

Meskipun teh dapat membantu meredakan sakit kepala, penting untuk diingat bahwa setiap orang bereaksi terhadap kafein dan teh secara berbeda. Jadi, jika Anda memang merasa teh menyebabkan sakit kepala, sebaiknya hindari minum teh.

Meskipun teh sering dianggap sebagai minuman sehat, beberapa orang mungkin menganggap teh dapat menyebabkan sakit kepala. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kandungan kafein dan tanin pada teh.

“Teh tertentu seperti matcha, black, oolong, black grey, dan lainnya mengandung kafein, dan bukti menunjukkan bahwa terlalu banyak kafein dapat menyebabkan sakit kepala,” kata ahli gizi yang berbasis di Los Angeles Masha Davis, MPH, RDN.

Mengonsumsi terlalu banyak kafein dari teh atau sumber lain bisa membuat ketagihan. Jika seseorang tidak mengonsumsi kafein seperti biasanya, ia mungkin mengalami gejala penarikan diri seperti sakit kepala.

Selain itu, kafein juga dapat mengganggu tidur sehingga dapat memicu sakit kepala. Efek samping mungkin saja terjadi, terutama bila digunakan dengan obat-obatan tertentu.

Ashwagandha, bahan dalam beberapa campuran teh herbal, dapat menyebabkan interaksi obat dan sakit kepala.

Licorice, bahan lain dalam teh herbal, telah dikaitkan dengan peningkatan kadar aldosteron dalam darah, yang dapat menyebabkan sakit kepala.

Tanin, senyawa kimia yang secara alami ditemukan dalam teh, dapat menyebabkan sakit kepala pada sebagian orang. Senyawa tersebut dapat mempengaruhi pelepasan serotonin sehingga dapat menyebabkan sakit kepala. Bukti terbatas menunjukkan bahwa tanin dapat mengganggu penyerapan zat besi, yang dapat menyebabkan sakit kepala akibat kekurangan zat besi.

Terakhir, histamin, senyawa dalam teh hitam yang difermentasi, dapat menyebabkan sakit kepala pada orang yang tidak alergi terhadapnya.

“Beberapa teh (terutama teh hitam yang difermentasi) mungkin mengandung histamin, yang mungkin tidak dapat ditoleransi oleh sebagian orang dan menyebabkan gejala seperti sakit kepala, gatal-gatal, atau hidung tersumbat,” jelas Davis.

Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan kemungkinan efek samping teh, terutama bagi orang yang mengonsumsi obat atau memiliki kondisi medis tertentu.

Karena dua alasan yang saling bertentangan di atas, bukti ilmiah tentang hubungan antara teh dan sakit kepala masih saling bertentangan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Scientific Reports tahun lalu tidak menemukan hubungan antara konsumsi teh dan risiko migrain di populasi Eropa.

Namun, bagi orang yang sensitif terhadap kafein, histamin, tanin, atau komponen teh lainnya, teh bisa memperparah sakit kepala.

Beberapa jenis teh mungkin lebih bermanfaat untuk meredakan sakit kepala dibandingkan jenis lainnya. Misalnya: Teh peppermint: Mengandung mentol yang dapat mengendurkan otot dan membantu meredakan sakit kepala tegang. Teh jahe: Memiliki sifat anti inflamasi dan dapat mengurangi rasa mual serta berguna untuk sakit kepala yang berhubungan dengan masalah perut. Teh lavender: Dipercaya memiliki khasiat obat penenang yang dapat mengurangi stres dan meredakan sakit kepala.

Jenis teh lain yang mungkin membantu termasuk teh kunyit dan kamomil, namun diperlukan lebih banyak penelitian.

Karena faktor-faktor seperti jenis teh dan sensitivitas individu dapat berperan, penting untuk bereksperimen dan menemukan mana yang terbaik untuk Anda. Konsultasikan dengan ahli gizi untuk mendapatkan saran nutrisi yang dipersonalisasi.

“Penting untuk dicatat bahwa reaksi individu terhadap teh bisa berbeda-beda, dan apa yang berhasil untuk satu orang mungkin tidak berhasil untuk orang lain,” kata Davis. “Saya selalu menyarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi nutrisi pribadi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link