September 21, 2024
Trinity Youth Symphony Orchestra Siap Harumkan Nama Indonesia di Festival Seni Ternama Skotlandia

Trinity Youth Symphony Orchestra Siap Harumkan Nama Indonesia di Festival Seni Ternama Skotlandia

0 0
Read Time:1 Minute, 48 Second

harfam.co.id, Jakarta Trinity Youth Symphony Orchestra atau TRUST yang beranggotakan anak-anak muda Indonesia bersiap menyambut salah satu perhelatan seni terbesar di Skotlandia: Edinburgh Festival Fringe 2024.

Dalam ajang yang digelar pada 6-7 Agustus 2024 ini, orkestra arahan Natania Karina ini akan bertolak sebagai orkestra komunitas remaja pertama yang mewakili Indonesia di festival bergengsi tersebut.

Tak hanya itu, 75 musisi muda TRUST juga akan tampil di Inggris untuk merayakan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Inggris.  Mereka akan muncul beberapa kali. Ini termasuk penampilan di Royal Conservatoire of Scotland, Glasgow pada 4 Agustus dan penampilan di London pada 9 Agustus.

Sebelum pemberangkatan, TRUST mendapat pelatihan selama kurang lebih enam bulan. Turut menjadi pembuka rangkaian UKTour 2024, TRUST menggelar konser pra pemberangkatan di Jakarta pada Minggu (21/7/2024).

Kunjungan TRUST ke Inggris jelas tidak lepas dari dukungannya terhadap Ciputra Artpreneur.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan Ciputra Artpreneur dalam persiapan tur ini. Kami telah berlatih bersama setiap akhir pekan dan setiap hari libur sejak awal tahun ini di Ciputra Artpreneur,” kata Natania Karina dalam keterangan tertulis yang diperoleh Lipuan6.com.

Satu hal yang menarik adalah kuatnya cita rasa lokal yang dibawa TRUST saat berkunjung ke Inggris. 

TRUST menyuguhkan ragam lagu daerah Indonesia dengan aransemen modern, diiringi tari Kechak Bali. Lagu-lagu seperti Bungong Jeumpa, Janger, Cublak Cublak Suweng, Manuk Dadali merupakan cuplikan dari acara yang akan diputar di tanah Skotlandia.

Sebagai bentuk pertukaran budaya, TRUST juga akan membawakan lagu-lagu Skotlandia dan berkolaborasi dengan penyanyi lokal. Rancangan kostum karya desainer muda Indonesia Adri Basuk dengan nuansa kain khas Indonesia turut mempercantik penampilan TRUST Orchestra.

Dr Natania Karina mengatakan TRUST menghadirkan rangkaian perjalanan ke Indonesia khususnya kepada musisi muda.

Kami berharap perjalanan kami dapat memberi inspirasi dan menginspirasi musisi Indonesia untuk berkarya di kancah internasional dan menginspirasi masyarakat lokal dan internasional untuk mencintai musik Indonesia. Kami berharap kepergian kami bisa membuktikan bahwa musisi orkestra Indonesia bisa dan pantas tampil di kancah internasional. ,” dia berkata.

TRUST Orchestra’s UK Tour 2024 dipersembahkan oleh WMMann Foundation dan didukung oleh Ciputra Artpreneur, Trinity OptimaProduction, Kedutaan Besar Inggris Jakarta, Joint Operation Taisei-CSC, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Musicmind dan Sekolah Musik Andante.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link