September 21, 2024
Tips Aman Mengemudi di Jalur Contraflow

Tips Aman Mengemudi di Jalur Contraflow

0 0
Read Time:1 Minute, 47 Second

Jakarta, 2024 8 April – Untuk mengurangi kemacetan, sering diterapkan sistem Contraflow, dimana satu ruas jalan diubah menjadi dua arah. Hal ini biasa terjadi pada saat lebaran atau pada pagi hari saat kendaraan berukuran besar.

Meski bermanfaat, arus balik mempunyai bahaya yang lebih besar. Oleh karena itu penting bagi pengemudi untuk mengetahui tips keselamatan saat melintasi jalur lalu lintas. Berikut daftarnya, dikutip harfam.co.id Otomotif dari situs Momobil:

1. Mengetahui Lokasi dan Jadwal Contraflow Sebelum melintasi jalur contraflow, pengemudi harus mengetahui lokasi dan jadwal pemberlakuan. Informasi tersebut biasanya dapat diperoleh melalui jejaring sosial atau operator jalan tol.

2. Pastikan Anda tidak melewatkan pintu keluar tol. Pengemudi yang ingin melintasi jalur lalu lintas perlu mengetahui di mana pintu keluarnya. Jangan keluar pintu tol jauh dari tujuan Anda sampai pengemudi harus berbalik arah.

3. Keluar ke jalur kanan 4 km sebelum banjir. Bersiaplah 4 km sebelum memasuki jalur sebaliknya.

4. Jaga jarak aman dan kendalikan kecepatan. Idealnya, kecepatan mobil pada jalur lalu lintas yang melaju adalah 60 km/jam, tidak lebih dari 70 km/jam. atau kurang dari 50 km/jam.

Selain mengendalikan kecepatan, pengemudi juga harus menjaga jarak dengan kendaraan di depannya. Terapkan teori empat detik untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depan.

5. Hindari meninggalkan jalur yang akan datang Pada jalur yang melaju, mobil akan langsung melihat mobil lain dari zona berlawanan. Alhasil, jalur serangan balik jelas lebih berbahaya. Oleh karena itu, pengemudi disarankan untuk tetap berada di jalurnya sendiri saat melintasi jalur lalu lintas yang melaju.

6. Berkendara Fokus dan Tidak Mengantuk Melewati jalur melaju sungguh berbahaya jika pengemudi tidak fokus. Oleh karena itu, mengemudi defensif harus digunakan saat melintasi jalan lalu lintas yang melaju.

Pastikan juga pengemudi dalam kondisi baik dan tidak mengantuk agar lebih waspada saat memasuki jalur melaju.

7. Patuhi petugas dan rambu-rambu jalan. Ini termasuk rambu petunjuk arah, marka jalan, dan rambu lalu lintas yang menunjukkan arah yang benar yang harus Anda ikuti. Menteri Perhubungan Budi Percaya Jalan Tol Laut akan tetap berjalan pada masa Prabowo-Gibran. Itu sebabnya Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi optimistis program Tol Laut akan tetap menjadi perhatian di pemerintahan baru Prabowo-Gibran. harfam.co.id.co.id 2024 2 Agustus

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link