September 21, 2024
Mumpung Musim Durian, Kenali Apa Saja Manfaat Si Raja Buah Kaya Nutrisi Ini

Mumpung Musim Durian, Kenali Apa Saja Manfaat Si Raja Buah Kaya Nutrisi Ini

0 0
Read Time:4 Minute, 0 Second

harfam.co.id, Jakarta – Durian sedang musimnya dan sering disebut sebagai “Raja Buah”, buah ini terkenal dengan rasanya yang sangat manis dan aromanya yang unik. Durian menawarkan banyak manfaat kesehatan yang luar biasa, tidak hanya durian bagi pecinta buah.

Meski memiliki lemak dan kalori lebih banyak dibandingkan buah lainnya, durian kaya akan vitamin dan mineral sehingga menjadi pilihan tepat bagi pecinta buah di seluruh dunia untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Di beberapa wilayah Asia, durian memiliki bau yang menyengat, sehingga dilarang menggunakan transportasi umum, makan di hotel, dan gedung. Namun tidak semua jenis durian memiliki bau yang tidak sedap.

Durian kaya akan kalori, namun di sisi lain mengandung nutrisi yang sangat berharga. Mereka kaya serat dan protein, tapi tidak meningkatkan gula darah seperti buah manis lainnya.

Faktanya, 357 kalori per 8 ons porsi durian segar atau beku. 3,6 gram protein; Mengandung 66 gram karbohidrat dan 13 gram lemak. Durian mengandung potasium, fosfor, magnesium, dan merupakan sumber vitamin C dan folat. Informasi nutrisi berikut disediakan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA). Kalori: 357 Lemak: 13 g Natrium: 4,9 mg Karbohidrat: 66 g Serat: 9,2 g Protein: 3,6 g Kalium 1060 mg Fosfor: 94,8 mg Magnesium 72,9 mg Vitamin C: 47,9 mg Folat: 87,5 mcg

Durian mengandung banyak vitamin dan mineral. Ini adalah makanan yang sangat bergizi dengan banyak serat dan antioksidan. Durian kaya akan karbohidrat penambah energi dan juga mengandung lemak tak jenuh tunggal, kata Verywell Fit, Selasa. Diterbitkan 27 Februari 2024 Karbohidrat Sebagian besar kalori durian berasal dari karbohidrat, dengan jumlah kurang dari 66 gram per porsi. Seperti buah-buahan lainnya, sebagian besar karbohidrat tersebut adalah serat (9,2 gram per porsi). Dibandingkan buah segar lainnya, durian memiliki kandungan lemak yang tinggi yaitu 13 gram per porsi. Mengonsumsi lemak sehat memberikan vitamin A, D Meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap vitamin larut lemak seperti E dan K, dan perlu diingat bahwa satu buah durian mengandung kurang lebih 3,6 gram protein. Hal ini serupa dengan kandungan protein buah-buahan tropis lainnya seperti nangka (2,6 gram protein per satu inci porsi) dan jambu biji (4,2 gram protein per porsi). Durian adalah sumber potasium yang sangat baik, dengan 1060 mg per porsi. Jumlah tersebut hampir setengah dari rekomendasi asupan harian untuk wanita dewasa dan kurang dari sepertiga dari rekomendasi asupan harian untuk pria dewasa. Buah ini memiliki fosfor, magnesium. Ia juga kaya akan vitamin C dan folat. mineral seng tembaga Mangan, Satu durian mengandung 357 kalori (sekitar setengah dari satu durian) bersama dengan beberapa nutrisi lainnya, termasuk vitamin A dan beberapa vitamin B. Jika Anda mencoba mengurangi asupan kalori, rasa durian yang kuat Itu bisa menjadi keuntungan karena Anda tidak perlu makan banyak untuk menikmati rasanya.

Meski lebih tinggi lemak dan kalori, menambahkan durian ke dalam menu makanan Anda dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Meningkatkan kesehatan jantung.

Durian kaya akan potasium, mineral yang dapat menurunkan tekanan darah, salah satu penyebab utama penyakit jantung dan pembuluh darah. Durian kaya akan serat dan lemak tak jenuh. Kedua nutrisi ini penting untuk kesehatan jantung. Mendukung kehamilan yang sehat.

Durian dipelajari untuk mengetahui konsentrasi vitamin B folat esensial. Folat diperlukan untuk kesehatan sistem saraf pusat janin.

  Mengurangi rasa sakit

Durian kaya akan vitamin C, terutama jika dimakan mentah. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan nyeri sendi. Artinya, mendapatkan cukup vitamin C dapat mencegah berbagai kondisi menyakitkan.

  Pencernaan yang sehat

Durian kaya akan gula alami yang berfermentasi setelah kontak dengan bakteri usus di saluran pencernaan. Ia bertindak sebagai prebiotik dan memberi makan bakteri asam laktat bermanfaat di usus. Durian mendukung sistem pencernaan dan kesehatan usus besar.

  Pencegahan malnutrisi pada lansia.

Orang lanjut usia menderita malabsorpsi; Mereka berisiko lebih tinggi mengalami penurunan berat badan dan malnutrisi karena beberapa alasan, termasuk berkurangnya nafsu makan dan terbatasnya akses terhadap berbagai jenis makanan.

Durian adalah makanan yang kaya energi dan tiamin, vitamin penting yang mungkin terkait dengan penyakit Alzheimer. Dengan menyediakan beragam nutrisi dalam satu kali makan, durian meningkatkan asupan nutrisi pada populasi lansia terbatas.

Saat membeli durian, pilihlah durian berwarna cerah tanpa (atau minimal) noda di bagian punggung. Batangnya harus lembab dan warnanya pucat.

Jika Anda mengocok buah dan mendengar suara bising di dalamnya, kemungkinan buah tersebut sudah kering dan tidak segar lagi.

Tingkat kerusakan durian segar tergantung pada apakah durian tersebut jatuh secara alami dari pohonnya atau dipetik.

Durian yang jatuh secara alami sudah terlalu matang dan umur simpannya pendek, yaitu dua hingga lima hari. Durian ini sebaiknya disimpan pada suhu 15 derajat Celcius untuk mengurangi laju pembusukan durian.

Durian bisa disimpan 10 hingga 15 hari sebelum membusuk.

Tutupi batang untuk mencegah hilangnya kelembapan. Gunakan karet gelang untuk mencegah kulit pecah-pecah dan simpan di tempat sejuk, gelap, lembab untuk memperpanjang umur simpan durian segar.

Durian potong sebaiknya selalu disimpan di lemari es dan dibuang setelah beberapa hari atau jika sudah menunjukkan tanda-tanda busuk.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link