September 21, 2024
Menko PMK Imbau Masyarakat Tak Mudik Pakai Sepeda Motor

Menko PMK Imbau Masyarakat Tak Mudik Pakai Sepeda Motor

0 0
Read Time:2 Minute, 23 Second

harfam.co.id, Jakarta – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi mengimbau masyarakat tidak mudik Lebaran dengan sepeda motor.

Sebaliknya, masyarakat bisa memanfaatkan program mudik gratis yang dilaksanakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian BUMN, serta kementerian teknis lainnya.

“Saya mendorong perusahaan swasta dan organisasi masyarakat juga memberikan layanan berupa mudik gratis. Untuk mudik gratis ini, kami berupaya memastikan para pengendara roda dua menyiapkan kendaraan angkutnya, termasuk bagi yang mudik menggunakan kapal laut. Jadi untuk kapal mudik bisa dimasukkan ke kapal secara bersamaan sebanyak 2 sepeda, kata Muhadjir Effendi.

Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, pemudik yang menggunakan sepeda motor berpotensi mengalami kecelakaan dan membahayakan pengguna jalan lainnya.

Menurut dia, angka kecelakaan tetap harus ditekan. Salah satu yang paling rawan kecelakaan adalah sepeda motor. Oleh karena itu, kata Budi, masyarakat sebaiknya menggunakan angkutan umum. Seperti bus hingga kereta api.

Selain itu, Menko PMK juga mengimbau masyarakat membeli tiket pulang pergi melalui sistem online agar tidak terjadi kepadatan di terminal, stasiun, maupun bandara.

Hal ini juga dapat memudahkan pemudik untuk mendapatkan tiket sesuai keinginannya tanpa perlu khawatir ditipu oleh calo.

“Seperti biasa, seperti sebelumnya, untuk mengurangi antrian di terminal stasiun, bandara, pelabuhan pemberangkatan. “Kami mengimbau masyarakat membeli tiket melalui electronic check-in dan boarding pass,” ujarnya.

Guna mengurangi penumpang pulang pergi yang menggunakan sepeda motor, Kementerian Perhubungan juga membuka program perjalanan pulang pergi gratis dengan berbagai moda transportasi.

Hingga saat ini, Kementerian Perhubungan telah mengirimkan 722 bus yang mampu mengangkut 3.088 penumpang dan juga 30 truk yang dirancang mampu mengangkut 900 sepeda motor.

 

Jika antusias masyarakat besar, tidak menutup kemungkinan Kementerian Perhubungan akan meningkatkan layanan ini demi kepulangan yang lebih luas.

Khusus program di Direktorat Jenderal Pertanahan Kementerian Perhubungan, terdapat 33 kota tujuan perjalanan pulang pergi gratis dari Jakarta ke berbagai kota, mulai dari Garut, Tasikmalaya, Tegal, Padang, Bengkulu, Banjarmasin, hingga Pangkalan Bun. .

Sementara itu, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan memberikan program repatriasi sepeda motor gratis (motis) kepada 28.196 penumpang dan mengangkut 12.180 sepeda motor ke berbagai kota tujuan. 

Untuk memanfaatkan program ini, pemudik yang mengirimkan satu tiket akan mendapat dua tiket kereta api, selama persediaan masih ada.

Sedangkan pendaftaran program motis ini telah dibuka mulai 4 Maret 2024 hingga 18 April 2024 dan sejauh ini kuota sudah terisi hingga 84 persen.

Selain bus dan kereta api, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut juga menawarkan 14 jalur angkutan laut (PP) pulang pergi dalam program mudik gratis ini.

Total penumpang yang bisa diangkut dalam program perjalanan pulang pergi gratis jalur laut ini berjumlah 17.610 orang dan terbagi menjadi dua jenis. Ada yang mengangkut penumpang dan sepeda motor, namun ada juga tiket gratis untuk penumpang saja.

Tiket gratis (untuk penumpang) itu dialokasikan di 49 seksi dengan total penumpang 39.289 (orang). Yaitu PT Dharma Indah, PT Pelayaran Sakti Makmur, PT Dharma Lautan Utama, dan PT Pelni, kata Dirjen Kelautan. Mengangkut. . Antoni Arif Priadi.

Sumber: Oto.com

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link