October 22, 2024
Xiaomi Hapus Fitur Populer Ini di HyperOS, Regulasi Jadi Alasan

Xiaomi Hapus Fitur Populer Ini di HyperOS, Regulasi Jadi Alasan

0 0
Read Time:3 Minute, 11 Second

harfam.co.id, Jakarta – Xiaomi mengumumkan telah menghapus salah satu fitur favorit pengguna perangkat yang memproduksi dan menjalankan HyperOS. Selain HyperOS, fitur ini sebenarnya juga terdapat pada perangkat yang masih menjalankan MIUI.

Dikutip dari Gizmochina, Rabu (13/3/2024) Fitur HyperOS yang dihilangkan kehadirannya adalah kemampuannya memutar video di latar belakang meski layar mati.

Menurut Xiaomi, fitur ini telah dihapus melalui pembaruan yang diluncurkan untuk pengguna yang menjalankan HyperOS, termasuk beberapa perangkat yang masih menjalankan MIUI seperti MIUI 12, MIUI 13, dan MIUI 14.

Dengan dihilangkannya fitur ini, maka pengguna perangkat Xiaomi yang sebelumnya bisa memutar video di latar belakang tidak bisa lagi, meski layar mati.

Menurut Xiaomi, fitur tersebut dihilangkan untuk memenuhi regulasi yang telah ditetapkan. Salah satu perusahaan yang meminta ini mungkin adalah Google.

Pasalnya, Google sebenarnya menawarkan opsi tersebut melalui YouTube Premium. Jadi gamer dengan langganan YouTube berbayar tetap bisa mendengarkan video meski layar mati.

“Sebagaimana kami mengetahui peraturan tersebut, dengan menyesal kami menginformasikan kepada Anda bahwa kami telah menghapus fungsi “Putar audio video dengan layar mati” di fungsi alat video dan fungsi “Matikan layar” di fungsi toolbar game melalui Over-The . -Pembaruan udara (OTA), ”tulis Xiaomi.

Ingatlah bahwa HyperOS adalah sistem operasi pengganti MIUI. Tak hanya di ponsel Xiaomi, sistem operasi ini juga ada di mobil listrik Xiaomi SU7.

Mitra dan presiden Xiaomi Corporation, William Lu, mengatakan HyperOS mengintegrasikan semua ekosistem yang berpusat pada manusia.

“Kami bangga memperkenalkan HyperOS kepada dunia. HyperOS mengintegrasikan semua ekosistem yang berpusat pada manusia. Ini lebih dari sekedar sistem operasi karena menghubungkan orang, mobil, dan rumah (orang x mobil x rumah),” kata William sambil berjalan ke atas. 

Sementara itu, Direktur Komunikasi Internasional Xiaomi Daniel Desjarlais menjelaskan HyperOS dapat mengoptimalkan kinerja setiap perangkat, memperlancar koneksi antar perangkat dan jaringan saraf untuk memberikan layanan proaktif.

“Xiaomi HyperOS bahkan mampu memprioritaskan keamanan di seluruh perangkat dan sistem serta memanfaatkan ekosistem terbuka,” tambah Daniel.

“Inovasi kami dirancang berdasarkan kebutuhan pengguna. “’Human x Car x Home’ mencerminkan komitmen perusahaan dalam menyediakan lingkungan yang komprehensif dan terhubung lebih baik,” lanjutnya.

Daniel menekankan bahwa dengan menghubungkan orang, mobil, dan rumah, Xiaomi ingin menciptakan konektivitas end-to-end dari yang tersedia saat ini.

HyperOS sangat berbeda dari MIUI karena dibangun di atas AOSP (Android Open Source Project) dan sistem Vela Xiaomi. Sedangkan MIUI mengandalkan Android milik Google.

Perubahan ini memungkinkan HyperOS berjalan secara efisien pada perangkat dengan ukuran RAM berbeda dan memberi Xiaomi lebih banyak fleksibilitas dalam memilih fitur, tanpa membatasi layanan Google.

Berbasis Android 14, HyperOS menawarkan peningkatan kinerja, pengaktifan lebih cepat, dan pengoperasian latar belakang yang lancar.

HyperOS juga kompatibel dengan berbagai perangkat ekosistem Xiaomi seperti smartphone, smartwatch, smart TV, dan mobil listrik.

Meski tetap mempertahankan desain mirip MIUI, HyperOS menawarkan antarmuka yang lebih halus dan bersih.

Hal ini sangat menonjol karena jumlah aplikasi pra-instal lebih sedikit dan bloatware lebih sedikit, sehingga menghasilkan pengalaman pengguna yang lebih baik. 

Mengutip Gizchin, Rabu (28/2/2024), Xiaomi memperkenalkan HyperOS bersamaan dengan peluncuran Xiaomi 14 di China tahun lalu. Meski demikian, Xiaomi tetap menyimpan sistem operasi ini khusus untuk pasar China.

Xiaomi baru-baru ini meluncurkan HyperOS di luar China dengan peluncuran Poco X6 Pro. Hari ini, perusahaan membagikan daftar perangkat yang akan menerima pembaruan ini di pasar global.

HyperOS kabarnya akan meluncur pada paruh pertama tahun 2024 untuk 20 ponsel Xiaomi berikut ini: Xiaomi 13 Xiaomi 13 Pro Xiaomi 13 Ultra Xiaomi 13 Lite Xiaomi 12 Xiaomi 12 Lite Xiaomi 12 Pro Xiaomi 12X Xiaomi 12T Xiaomi 12T Pro Xiaomi 13T Xiaomi 13T Pro Redmi Note 13 4G Redmi Note 13 5G Redmi Note 13 Pro 4G Redmi Note 13 Pro 5G Redmi Note 13 Pro Plus 5G Redmi Note 12 5G Redmi Note 12 Pro 5G Redmi Note 12 Pro Plus 5G Xiaomi Pad 6 Redmi Pad SE Jam Tangan Xiaomi S3 Gelang Pintar Xiaomi 8 Pro Xiaomi 14 Xiaomi 14 Ultra Xiaomi Pad 6S Pro

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link