October 22, 2024
BKGN 2024, Pepsodent Perkenalkan Teknologi AI Layanan Konsultasi Dokter Gigi Online dan Dukung Senyum Sehat Timnas Indonesia

BKGN 2024, Pepsodent Perkenalkan Teknologi AI Layanan Konsultasi Dokter Gigi Online dan Dukung Senyum Sehat Timnas Indonesia

0 0
Read Time:6 Minute, 0 Second

harfam.co.id, Jakarta bertepatan dengan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 September, Unilever Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Persatuan Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) dan Persatuan Dokter Gigi dan Mulut oleh Pepsodent bersama The Teaching Hospital Indonesia (ARSGMPI) meresmikan Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2024 (BKGN) pada Kamis (9/12/2024) di Half Pati Yunus, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Memasuki tahun ke-15 penyelenggaraannya, BKGN mengusung tema “Berani Tunjukan Gigi Demi Senyum Sehat Indonesia” menampilkan layanan konsultasi gigi online “Tanya Dokter Gigi Seputar PepsoDent” yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI). Teknologi AI ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pemeriksaan awal kesehatan gigi dan mulut sebagai dasar konsultasi dengan dokter gigi melalui chat atau video call.

Head of Oral Care Marketing dan Professional Marketing Unilever Indonesia, Distya Tarworo Andri, mengatakan kesehatan gigi dan mulut sudah lama menjadi perhatian Unilever Indonesia. Sejalan dengan misi salah satu brand kami yaitu Pepsodent yang berupaya meningkatkan kesehatan gigi dan mulut melalui edukasi dan memberikan perawatan kepada #Senyumlndonesia yang kini telah menjangkau 25 juta jiwa.

“Sebagai wujud komitmen menjaga kesehatan senyum Indonesia, kami meresmikan Bulan Kesehatan Gigi Nasional atau BKGN. BKGN merupakan kerja sama antara Pepsodent, PDGI AFDOKGI, ARSGMPI dan Unilever Indonesia melalui Kementerian Kesehatan RI untuk memerdekakan masyarakat Indonesia dari permasalahan gigi dan mulut, khususnya kerusakan gigi,” kata Distya saat peluncuran Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2024.

Pembukaan BKGN 2024 terbilang istimewa karena dihadiri oleh para dekan dan perwakilan fakultas kedokteran gigi beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia, pelajar sekolah dasar, dan tokoh masyarakat.

Distya mengungkapkan, sejak tahun 2010, BKGN mempunyai misi untuk mensosialisasikan pentingnya menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur, serta berkonsultasi dengan dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

“Misi tersebut kami wujudkan melalui layanan pemeriksaan dan pengobatan gigi gratis di FKG dan RSGMP seluruh Indonesia. Kami juga memberikan serangkaian pelatihan ke sekolah-sekolah yang telah memberikan manfaat kepada lebih dari 1,1 juta orang pada tahun 2023,” ujarnya.

Dengan diterapkannya BKGN, jumlah masyarakat yang menyikat gigi tepat waktu meningkat lebih dari dua kali lipat, dari 2,8% (Riset Kesehatan Dasar/Riskdas 2018) menjadi 6,2% (Survei Kesehatan Indonesia/SKI 2023). Selanjutnya, jika pada Riskadas 2018 dilaporkan 94,9% masyarakat tidak berkonsultasi ke dokter gigi selama 1 tahun, pada SKI 2023 angka tersebut menunjukkan peningkatan menjadi 91,2%.

Manajer Pemasaran Profesional Personal Care Unilever Indonesia, drg. Ratu Mirah Afifa, GCClindent., MDSc. mengatakan pencapaian BKGN dalam mendorong masyarakat menyikat gigi tepat waktu dan meningkatkan kesadaran untuk berkonsultasi ke dokter gigi secara rutin merupakan landasan kokoh bagi Unilever untuk memberikan dampak yang lebih luas. 

BKGN telah membantu meningkatkan kesadaran masyarakat dengan mendorong masyarakat untuk menyikat gigi tepat waktu dan berkonsultasi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Hasil ini menjadi landasan kokoh bagi BKGN untuk memberikan manfaat yang lebih luas lagi, mengajak masyarakat untuk berani dan berupaya mencapai kualitas hidup yang lebih baik, dengan senyum yang sehat dan gigi yang kuat.  

“Sejak tahun 2020, BKGN semakin dilengkapi dengan layanan konsultasi gigi online “Tanya ke Dokter Gigi Pepsodent” yang mudah diakses pada kemasan pasta gigi Pepsodent Cavity Prevent dan ARSGMPI, sudah 143.756 orang yang menggunakan layanan ini,” ujarnya.

Untuk memberikan pengalaman dan manfaat yang maksimal, drg, Mirah menyempurnakan layanan konsultasi gigi online dengan teknologi AI di BKGN 2024 Pepsodent.

“Layanan teknologi AI diawali dengan hadirnya Hamish Dowd yang secara virtual menyapa pengguna dengan menyebutkan namanya, dilanjutkan dengan pemeriksaan awal kesehatan gigi dan mulut menggunakan teknologi AI ‘Pepsodent at denta-scan’” berbekal hasil dari Pada pemeriksaan ini, pengguna akan diarahkan untuk konsultasi lebih lanjut dengan dokter gigi yang dapat dihubungi melalui chat atau video call,” jelas dr.

Brand Ambassador Pepsodent, Hamish Dowd, menyambut baik penggunaan teknologi AI dalam layanan konsultasi gigi online.

“Senang sekali bisa menjadi bagian dari layanan kesehatan gigi online yang didukung AI ini. Selain terasa lebih personal, penggunaannya juga sangat mudah berkat petunjuk yang detail dan lengkap. “Selain itu, masyarakat Indonesia juga sudah sangat familiar dengan teknologi kecerdasan buatan, saya yakin inovasi ini akan semakin menambah keseruan dan menghilangkan stigma bahwa berkonsultasi dengan dokter gigi adalah hal yang menakutkan,” kata Hamish Dowd.

Tak hanya bagi penggunanya, layanan konsultasi gigi online bertenaga AI ini mendapat tanggapan positif dari para dokter gigi. Sekretaris Jenderal Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Dr. Danza Tritariati, Sh. MHKes menjelaskan, layanan konsultasi online berbasis AI sangat bermanfaat di bidang kedokteran gigi karena dapat digunakan sebagai sarana edukasi kesehatan gigi dan mulut, sebagai langkah skrining, dan juga dapat dijadikan rujukan kesehatan untuk struktur perawatan gigi. 

“Untuk kegiatan promosi pencegahan secara besar-besaran seperti BKGN 2024, layanan ini sangat strategis dan dapat mendorong masyarakat termasuk para atlet untuk lebih rutin berkonsultasi ke dokter gigi,” jelas dr. Tarian Tritariati

Pada pembukaan BKGN 2024, Pepsodent juga mengumumkan kerja samanya sebagai official oral care partner timnas sepak bola Indonesia. Melalui berbagai bentuk dukungan, Pepsodent akan membantu menjaga kesehatan gigi para atlet sepak bola tanah air. 

“Pepsodent meyakini layanan konsultasi gigi online berbasis AI “Ask a Dentist by Pepsodent” dapat memudahkan timnas dalam memantau kesehatan gigi para pemainnya kesehatan dan mendapatkan pemeriksaan awal, setelah itu dapat dilakukan perawatan gigi langsung oleh dokter gigi. Akan juga diundang untuk berobat gigi gratis di FKG dan RSGMP terdekat,” dr Rani Mirah Afifa.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang sangat penting bagi para atlet. Prof. Suryono, S.H., M.M., Ph.D selaku presiden AFDOKGI membeberkan fakta menarik seputar kesehatan gigi para atlet khususnya atlet sepak bola. 

“Sebuah penelitian terhadap 187 pemain sepak bola profesional di Inggris menemukan bahwa 37% pemain menderita penyakit periodontal aktif, 53% mengalami erosi gigi, dan 5% menderita penyakit periodontal yang tidak diobati. Akibatnya, 45% merasa tertekan dengan situasi tersebut dan 27% melaporkan dampak negatif terhadap kualitas hidup atau kinerja mereka di lapangan. “Oleh karena itu, kesehatan gigi dan mulut mereka harus selalu dijaga, salah satunya melalui pemeriksaan rutin ke dokter gigi,” ujarnya.

Kunjungan gigi dan layanan perawatan gratis

Dalam BKGN 2024, Pepsodent bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) dan Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Indonesia (ARSGMPI) memberikan serangkaian pelatihan disertai pemeriksaan gigi gratis ke sekolah dan pengobatan. pelayanan di seluruh fakultas kedokteran gigi dan rumah sakit pendidikan kedokteran gigi dan gigi di Indonesia.

Dr dr Giulietta Hendertini, Ketua ARSGMPI, MKS, AAK menjelaskan, konsultasi gigi online merupakan langkah awal, diperlukan akses yang lebih luas agar masyarakat dapat menindaklanjuti permasalahan gigi dan mulutnya langsung ke dokter gigi – karena BKGN Tersedia hingga tahun 2024 . 

“Dalam rangka menjangkau 29.000 pasien termasuk atlet timnas sepak bola Indonesia, 30 FKG dan RSGMP dengan fasilitas yang sangat relevan dan diakui secara nasional siap melayani mereka yang membutuhkan pengobatan gratis,” ujarnya.

Lebih lanjut, dengan dukungan 70 Cabang PDGI, BKGN 2024 juga akan memberikan pendidikan, pemeriksaan, dan perawatan gigi gratis melalui program sekolah, termasuk anak berkebutuhan khusus di sekolah peserta, siswa sekolah sepak bola, dan anak yatim piatu di berbagai wilayah Indonesia.

Dibuka hari ini, BKGN 2024 akan berlangsung di seluruh Indonesia pada bulan September hingga Desember 2024.  Dr. Mirah mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi melalui layanan konsultasi gigi offline dan online berbasis AI “Tanya Dokter Gigi by PepsoDent”.

“Kami berharap seluruh fasilitas dan layanan yang kami berikan dapat membantu masyarakat Indonesia meraih senyum sehat dan gigi kuat bebas gigi berlubang. Sampai jumpa di BKGN 2024 yang diselenggarakan September hingga Desember. Semoga berjalan!”, ujarnya.

 

(*)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link