October 22, 2024
BPOM Apresiasi Kalbe Dukung Pengembangan Inovasi Fasilitas Stem Cell dan Bioteknologi di Indonesia

BPOM Apresiasi Kalbe Dukung Pengembangan Inovasi Fasilitas Stem Cell dan Bioteknologi di Indonesia

0 0
Read Time:1 Minute, 46 Second

harfam.co.id, Jakarta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyambut baik dukungan PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) dalam upaya mengembangkan pusat manufaktur sel induk dan bioteknologi di Indonesia.

Kunjungan Ketua BPOM Taruna Ikrar ke Kalbe Business Innovation Center di Jakarta Timur dan PT Kalbio Global Medika di Cikarang, Jawa Barat [Kamis, 26 September 2024 dalam rangka pertemuan pemerintah dan industri. kesehatan yang baik. dan memperkuat stabilitas kesehatan negara.

“Kunjungan ke Badan POM hari ini merupakan momen yang sangat penting yang memberikan inspirasi bagi Kalbe untuk terus menghasilkan produk dan layanan yang berkualitas dan aman bagi masyarakat. Kami berharap melalui pertemuan ini kita dapat meningkatkan pertukaran informasi, komunikasi dan kerjasama. industri dan otoritas,” kata Komisaris Utama PT Kalbe Farma Tbk Vijontius dalam keterangan tertulis yang diperoleh harfam.co.id. 

Fasilitas produksi sel induk Kalbe yang dikelola oleh anak perusahaannya PT Bifarma Adiluhung (Regenic) telah mendapatkan sertifikasi CPOB (Good Medical Manufacturing Practice) dari BPOM sejak tahun 2014. Fasilitas ini merupakan yang pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi pengoperasian sel CPOB. .

Kerjasama Kalbe dan BPOM meliputi pengalihan tempat pengolahan sel induk dari Pulomas ke Kalbe Business Innovation Center pada tahun 2021. Pada tahun yang sama, Kalbe menerima persetujuan Pengawasan Obat baru untuk UCMSC & Secretome.

 

Selain itu, Ketua BPOM Taruna Iqrar juga meninjau fasilitas produksi obat alami Calbe di Calbio Global Medica yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2018.

Fasilitas ini juga bersertifikat CPOB dan merupakan salah satu dari 20 fasilitas manufaktur Kalbe.

“Sentra produksi ini merupakan salah satu dari sekitar 20 pusat produksi atau pabrik yang ada di Kalbe. Kalbe sendiri mempunyai empat lini bisnis, yaitu bisnis farmasi, bisnis produk nutrisi, lini bisnis produk kesehatan, dan lini bisnis keempat. , peralatan dan perlengkapan kesehatan,” jelas Sy Johan, CEO PT Kalbe Farma Tbk.

 

Vijontius menambahkan, kemitraan yang kuat antara BPOM dan sektor kesehatan dapat menjadi kunci dalam memberikan solusi kesehatan terbaik kepada masyarakat.

“Kalbe sangat merasakan pentingnya peran BPOM sebagai organisasi yang bertanggung jawab menjamin keamanan, khasiat dan mutu setiap produk yang beredar di masyarakat. Kami percaya bahwa kemitraan yang kuat antara BPOM dan sektor kesehatan akan menjadi kunci keberhasilan kami. menawarkan solusi perawatan kesehatan terbaik kepada masyarakat.”

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link