October 22, 2024
Huawei Matebook X Pro Tawarkan Bodi Ultra Tipis dan Performa Gahar, Siap Tantang MacBook Air

Huawei Matebook X Pro Tawarkan Bodi Ultra Tipis dan Performa Gahar, Siap Tantang MacBook Air

0 0
Read Time:4 Minute, 24 Second

harfam.co.id, Batavia – Huawei resmi merilis laptop MateBook X Pro yang hadir dalam versi Core Ultra 7 dan Core Ultra 9 untuk kawasan Asia-Pasifik (APAC). Produk terbaru ini merupakan penyempurnaan dari generasi sebelumnya dan diumumkan untuk masuk ke Indonesia.

Tekno harfam.co.id sendiri memiliki kemampuan untuk melihat MateBook 

Kesan mewah menjadi emosi pertama yang muncul saat melihat Huawei MateBook X Pro. Bahkan, produk ini sepertinya ditujukan khusus untuk merugikan kompetitornya yakni MacBook Air milik Apple. 

Pasalnya, desain laptop ini bisa dibilang mirip. Bodi tipis dan ringan dengan material magnesium alloy. Ketebalannya hanya 13,7 milimeter, dengan bagian runcing 4 milimeter.

Huawei mengklaim MateBook X Pro memiliki bobot hanya 980 pon, lebih ringan dari MacBook Air yang berbobot 1,24 kilogram. Yang cukup mengejutkan adalah angka-angka ini biasanya muncul di buku restoran, bukan di katalog khusus laptop.

Saya pun mencoba membuktikan betapa ringannya laptop tersebut. Tidak banyak laptop yang dapat Anda pegang dengan satu tangan tanpa membuat pergelangan tangan Anda lelah, dan Huawei MateBook X Pro adalah salah satunya.

MateBook Tampaknya hanya sedikit orang di dunia Windows yang bisa menjawabnya.

Untuk bodinya, Huawei mempertahankan gaya sudut membulat, sisi melengkung lembut, dan logo perusahaan yang datar namun menonjol.

Speakernya juga tetap terjaga, melihat sekeliling keyboard dan sejajar dengan port konektivitas USB-C. Tidak ada jack headphone 3,5 mm, yang berarti laptop Huawei ini berfungsi terutama sebagai dongle Bluetooth atau USB. 

Layar laptop MateBook X Pro dengan bezel tipis di empat sisinya terlihat sangat memuaskan. Resolusi sepertinya tidak menjadi masalah, apalagi refresh rate 120Hz membuat pergerakan kursor dan elemen UI Windows terasa sangat ringan. 

Saya sendiri belum merasakan seberapa bagus kecerahan tirai di bawah sinar matahari, namun dari pengamatan saya sepertinya tidak ada cacat serupa pada interiornya. Mengetik di laptop ini juga menyenangkan, apalagi dengan model perangkat yang ramping. 

Seluruh keyboard memiliki lampu latar yang memancarkan sedikit cahaya di sekitar setiap tombol. Ada pula smartphone yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari.

Huawei MateBook

Laptop ini dibekali baterai 70Wh yang mampu bertahan sekitar 6,5 jam untuk penggunaan sehari-hari, atau 11 jam saat memutar video.

Menjalankan Intel Core Ultra 9 dengan kapasitas penuh pasti membutuhkan pendinginan ekstra kuat, dan mungkin penggunaan pendingin Shark Fin Fan 3.0 serta pembuangan panas besutan Huawei bisa mengatasinya.

Dengan RAM 32GB dan SSD 2TB, Huawei menjadikan laptop ini monster di kategori ultraportable. Untuk versi CPU Intel Core Ultra 7 dibekali RAM 16GB dan penyimpanan 1TB.

Bagi pengguna macOS yang ingin beralih ke Windows namun tetap menginginkan gaya laptop yang ringan, tipis, dan berperforma tinggi, Huawei MateBook X Pro mungkin bisa menjadi pilihan. Seberapa baik produk ini bersaing dengan MacBook Air tentunya perlu penelitian lebih lanjut.

Sebelumnya Huawei resmi merilis MateBook di negara tetangga, produk ini hadir dalam dua varian yakni Core Ultra 7 dan Core Ultra 9.

Dalam presentasi tersebut, manajer pemasaran senior Huawei, Kelsen Tan, membacakan kompetisi MateBook

Huawei MateBook X Pro 980 P., Merek A Macbook Air 13 1,24 kg. “Lebih ringan dari udara,” kata Kelsen saat peluncuran produk terbaru Huawei yang dihadiri Tekno harfam.co.id di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (13/5/2024).

Ketebalan MateBook hanya 13,7 milimeter.

Huawei sendiri kini menggunakan konsep Beauty Creation yang menandakan bahwa produknya beralih dari hal-hal yang identik dengan pekerjaan kantoran ke kreasi yang unik dan indah. Hal ini juga berdampak pada inovasi produk untuk mendukung kreativitas pengguna.

Terakhir, MatBook

Laptop ini juga menerapkan arsitektur inovatif dan desain kipas ganda Huawei Cloud Falcon, yaitu sistem pendingin dan pembuangan panas Huawei Shark Fin 3.0, untuk menghasilkan kinerja yang kuat dan mendukung pengguna lebih baik dalam upaya kreatifnya.

Huawei MateBook

Desain Huawei Cloud Falcon juga menghasilkan tata letak laptop yang lebih ringkas, dengan manfaat memperpanjang masa pakai baterai, menghilangkan panas, dan menghasilkan suara.

Sistem pembuangan panas telah ditingkatkan dengan menyertakan SHARK, sehingga bahkan di bawah beban berat seperti video 4K atau pengkodean, perangkat lunak akan tetap berfungsi seperti sebelumnya.

Performa Super Turbo sistem juga mengatur kemampuan sistem, memungkinkan pengguna membuka file dan file besar dengan kecepatan tinggi, sehingga mereka dapat beralih antar tugas dalam milidetik. 

Huawei MateBook X Pro juga menawarkan kamera AI dan kemampuan suara AI, memberikan pengalaman konferensi online terbaik. Hal ini dapat dilakukan menggunakan webcam beresolusi 1080p dengan 4 mikrofon dan 6 speaker.

Jangan lupakan dua port Lightning 4 USB-C, WiFi 6, Bluetooth 5.3. Laptop ini ditenagai baterai 70wHr yang mendukung pengisian cepat 140w dan memungkinkan penggunaan 3 jam hanya dengan mengisi baterai selama 10 menit.

Sekadar informasi, Huawei resmi merilis produk barunya yakni Huawei Watch Fit 3 dan Huawei MateBook

Melihat harganya, Tekno harfam.co.id berkesempatan menghadiri peluncuran produk ini di Kuala Lumpur, Malaysia.

Senior Marketing Manager Huawei Kelsen Tan mengatakan, Huawei Watch Fit 3 dibanderol 599 Ringgit Malaysia untuk tali fluoroelastomer, sedangkan harga 699 Ringgit Malaysia untuk tali dan tali nilon.

“Ini harga saat peluncuran,” kata Clasen di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (13/5/2024).

Sedangkan laptop Huawei Matebook X Pro dibanderol dengan harga MYR 8.999 untuk prosesor Intel Core Ultra 7, 16 GB+1 TB. Sedangkan untuk prosesor Intel Core Ultra 9, harga 32 GB+2 TB adalah 10.999 Ringgit Malaysia.

Mengacu pada kurs saat ini, RM 599 setara antara Rp 2 juta, RM 699 setara Rp 2,3 juta. Sedangkan RM 8.999 setara Rp 30,5 juta dan RM 10.999 setara Rp 37,3 juta.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link