October 22, 2024
Jokowi Turun Tangan, Instruksikan Para Menteri Kawal Mudik Lebaran 2024

Jokowi Turun Tangan, Instruksikan Para Menteri Kawal Mudik Lebaran 2024

0 0
Read Time:2 Minute, 55 Second

harfam.co.id, Jakarta Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta para menteri mengawasi proses mudik dan kepulangan pada Idul Fitri 2024 untuk memastikan pelayanan terbaik kepada sekitar 193 juta pemudik yang kembali pada tahun ini.

“Yah, maksudnya banyak, yang satu merasa nyaman dan yang satu lagi merasa aman. “Setiap saya mendapat telepon dari Antara, ‘Bagaimana kabar Menteri? ‘, Senin (4 Agustus 2024).

Budi meminta maaf kepada Presiden Joko Widodo atas kemacetan di Pelabuhan Merak yang menurutnya disebabkan oleh peningkatan jumlah penumpang yang kembali melalui jalur laut hingga 65%, beberapa di antaranya tidak memiliki tiket kapal feri.

Atas instruksi Presiden, Budi langsung bergerak ke Pelabuhan Merak di Banten pada Minggu (4 Juli) untuk memantau situasi bersama Mapolsek dan Polres setempat.

“Kami sudah buat tim (komunikasi) dan kami pantau terus setiap jamnya dan kalau ada penyumbatan akan kami tangani. Seperti kemarin ada informasi cuaca buruk, ada penundaan, lalu banyak dibuka. cepat. “Presiden selalu menelepon saya setiap hari,” katanya.

Sementara itu, terkait angkutan kereta api, Budi mengatakan semuanya berjalan tertib dan terencana.

“Masyarakat sudah mengambil tiket, tidak ada penumpukan di sini,” ujarnya.

Ia mengatakan, sekitar 4,2 juta orang telah mendaftar untuk naik kereta api dalam perjalanan pulang Idul Fitri tahun ini. Tingkat penjualan tiket pun mencapai 99,98%, dan arus penumpang di Stasiun Pasar Senen Jakarta dan Stasiun Pasar Turi Surabaya mencapai rekor tertinggi.

Terkait sektor penerbangan, Budi menjelaskan pemerintah sudah memaksimalkan penggunaan pesawat.

“Dengan 420 pesawat kita bisa menambah jumlah penumpang. Artinya perjalanan lebih banyak dan bandara akan kita buka pada sore dan malam hari,” ujarnya. “

Dilaporkan adanya peningkatan sebesar 13% dalam pergerakan orang yang menggunakan jalur transportasi darat.

Jalan darat yang paling menantang adalah Cipali, dimana pengguna jalan tol mengalami rekor peningkatan sebesar 23% per hari, kata Budi.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi angkat bicara soal antrian panjang kendaraan di pelabuhan Merak.​

Menteri Perhubungan Budi mengatakan, penyebab antrian di Pelabuhan Merak hingga puluhan kilometer adalah karena ketidakteraturan penumpang di dalamnya, khususnya ketidakteraturan pembelian tiket oleh penumpang.

“Di kereta mereka punya tiket, mereka datang ke stasiun dan menunggu 2 jam. Kalau tidak ada yang membeli tiket, kalaupun datang besok pagi, di Antara, Senin, akan terjadi antrian lebih dari 10 kilometer. ” (8/4/2024) menyebutkannya. Melihat kondisi tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun telah melakukan serangkaian langkah mitigasi untuk mengurangi antrian penumpang sepanjang puluhan kilometer di Pelabuhan Merak Banten pada masa puncak mudik Lebaran 2024.

Langkah mitigasi yang dilakukan antara lain penambahan speedboat untuk melarang bongkar muat kapal, kata Menteri Perhubungan.

“Jadi permasalahan Melak adalah, pertama, mereka membutuhkan kapal yang lebih besar dan cepat. Kedua, mereka perlu memiliki lebih banyak marina,” katanya.

Alat pemotong

Langkah-langkah mitigasi termasuk mengoperasikan beberapa kapal dengan kecepatan spesifik 20 knot dan kapasitas lebih dari 1.000 penumpang, katanya.

“Saya lapor ke Presiden,” tambah Presiden, “kalau kecepatan sebuah kapal, katakanlah, 15 knot, maka itu harus kurang dari kecepatan maksimum, atau kurang dari 500 knot, jadi kapal itu harus melebihi 1.000 knot. simpul “. kapalnya besar, dan kecepatannya harus lebih dari 15 bahkan 20 knot, ”ujarnya.

Budi mengatakan, langkah mitigasi lain yang dilakukan adalah dengan melarang awak kapal melakukan bongkar muat barang di terminal Merak dan Baukauheni untuk mempercepat waktu tempuh kapal.

“Kalau kapal di Bakaukhuni tidak bisa memuat sehingga relatif cepat pulang, sedangkan di sini tidak bisa bongkar sehingga cepat sekali memuat penumpang,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sempat menyoroti antrian penumpang di Pelabuhan Merak. Dia mengarahkan departemen terkait fokus menangani masalah tersebut.

“Saya kira secara umum Merak yang perlu dikelola lebih intensif,” ujarnya saat berkunjung ke Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link