October 22, 2024
Cemas Saat Bepergian? Atasi dengan 5 Trik Simpel Ini

Cemas Saat Bepergian? Atasi dengan 5 Trik Simpel Ini

0 0
Read Time:1 Minute, 25 Second

harfam.co.id, JAKARTA — Sebagian orang tidak suka bepergian saat liburan dan merasa stres serta cemas bahkan saat bepergian. Banyak hal yang bisa menjadi pemicunya seperti kemacetan lalu lintas, anggota keluarga besar atau kondisi di tempat tujuan.

Pakar perjalanan mengatakan hal ini normal dan ada beberapa hal yang dapat Anda coba untuk mengatasi stres dan kecemasan. Di laman Reader’s Digest, Senin (15/4/2024) ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan perjalanan:

1. Temukan penyebab kekhawatiran tersebut

Untuk mengatasi rasa cemas atau stres saat bepergian, seseorang perlu memahami penyebabnya. Misalnya berada di jalan berjam-jam, keadaan menjadi tidak terkendali, atau dikelilingi banyak orang di bandara. Setelah Anda mengetahui pemicunya, buatlah rencana dan cari tahu cara terbaik untuk mengatasinya.

2. Rencanakan perjalanan sedetail mungkin

Salah satu penyebab rasa cemas saat bepergian adalah meninggalkan zona nyaman dan tidak memiliki kendali penuh atas segalanya. Untuk membantu mengurangi kecemasan ini, cobalah merencanakan perjalanan Anda sedetail mungkin. Tulis rencana perjalanan dan pertimbangkan rute alternatif untuk semuanya.

3. Gunakan teknik relaksasi 

Teknik yang terbukti bisa mengurangi perasaan stres adalah dengan menarik napas dalam-dalam melalui hidung lalu menghembuskannya perlahan melalui mulut.  Cara bermanfaat lainnya untuk menenangkan pikiran adalah teknik mindfulness, meditasi, dan mendengarkan musik.

4. Bawalah hal-hal yang membuat Anda bahagia

Membawa barang-barang pribadi yang membuat Anda bahagia bisa sangat membantu mengalihkan perhatian Anda dari emosi negatif.  Benda fisik bisa dikreasikan, seperti boneka, jurnal, buku untuk dibaca, perlengkapan bermain, atau playlist lagu favorit untuk didengarkan selama perjalanan.

5. Menjaga kesehatan jasmani

Menjaga kesehatan fisik adalah cara yang bagus untuk mengurangi perasaan cemas dan stres. Sebelum melakukan perjalanan, pastikan tubuh Anda bugar dan sehat. Tidak ada salahnya mempersiapkan diri dengan berjalan-jalan santai, menghabiskan waktu di luar ruangan, atau mengunjungi taman setempat. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link