October 22, 2024
Penduduk Gaza Berbuka Puasa dengan Sederhana di Tengah Puing-Puing Reruntuhan

Penduduk Gaza Berbuka Puasa dengan Sederhana di Tengah Puing-Puing Reruntuhan

0 0
Read Time:2 Minute, 35 Second

harfam.co.id, Jakarta – Di tengah puing-puing Gaza, keluarga Abu Rizq berbuka puasa di reruntuhan rumahnya pada bulan Ramadhan 2024. Adzan magrib dikumandangkan, menandakan berakhirnya hari puasa. 

Meskipun keluarga Abu Rizq berhasil mengumpulkan cukup makanan untuk berbuka puasa, banyak orang lain di Gaza yang kurang beruntung. Kelaparan mengancam rakyat Palestina.

Ummu Mahmoud Abu Rizq berkata: “Ramadhan tahun lalu sangat baik, tapi tidak tahun ini. Banyak barang yang sudah hilang. Saudara perempuan saya dan keluarga saya. Rumah kami hancur. ” Seperti dilansir The Straits Times. 

Abi Rizq duduk bersila di antara tembok beton bobrok sambil memasak di atas api.

Mengingat makanan mewah yang kami makan pada bulan Ramadhan lalu, dia berkata: “Kami hanya makan sup dan makanan kaleng. Kami sangat bosan dengan makanan kaleng, itu membuat kami mual.

Keluarga Abu Rizq biasanya berkumpul dengan teman dan tetangga untuk duduk-duduk di malam hari, makan, berdoa, dan merayakan bulan suci bersama.

“Tahun ini tidak ada tetangga atau orang-orang tercinta. Mereka sudah tidak ada lagi. Yang ada hanya kami dan anak-anak yang duduk di sini. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi pada kami,” ujarnya.

Perang di Gaza dimulai pada 7 Oktober 2023, ketika militan Hamas menyerbu Israel. Menurut pihak Israel, kejadian ini menyebabkan kematian 1.200 orang dan penyanderaan 253 orang.

Sementara itu, serangan darat dan udara Israel telah menewaskan lebih dari 30.000 warga Gaza, menurut pejabat kesehatan Hamas. Perang juga menyebabkan sebagian besar penduduknya yang berjumlah 2,3 juta orang mengungsi.

Harapan untuk mencapai gencatan senjata selama bulan Ramadhan pupus, karena Israel dan Hamas tidak sepakat mengenai persyaratannya.

Dengan hampir seluruh impor pangan komersial ditangguhkan, sebagian besar warga Gaza kini sepenuhnya bergantung pada bantuan pangan. Banyak di antara mereka yang hanya makan di dapur umum, termasuk berbuka puasa saat Ramadhan.

Di salah satu dapur umum di Rafah, masyarakat berkumpul dan mengangkat wadah plastik untuk mendapatkan jatah makanan.

Relawan Adnan Sheikh Al-Eid, yang berharap dapat memberi makan lebih banyak orang yang putus asa dan terkena dampak, mengatakan, “Setiap hari kami memiliki 35 dallas makanan, tetapi 35 dallas tidaklah cukup.

Ibarat Abu Rizq, Idul Fitri hanya mengenang nikmatnya Ramadhan lalu. “Ada dekorasi, makanan dan minuman. Tapi tahun ini ada kesedihan dan keputusasaan,” ujarnya.

Dia menambahkan: “Saya berusia 60 tahun dan saya belum pernah mengalami Ramadhan seperti ini.”

Dalam hukum Islam, terdapat ketentuan yang memperbolehkan seseorang untuk tidak berpuasa demi melindungi kesehatannya. Misalnya, seorang Muslim tidak boleh berpuasa jika dia sakit, hamil, menyusui, atau karena alasan kesehatan lainnya.

Namun tidak ada ketentuan yang memperbolehkan orang untuk tidak berpuasa selama perang kecuali mereka sakit parah. Oleh karena itu, warga Palestina harus tetap menjalankan puasa di bulan Ramadhan sebagai bagian dari rukun Islam yang lima.

Terlepas dari keadaan yang menyedihkan, banyak warga Gaza yang tetap berpuasa – meskipun mereka mungkin tidak makan banyak sebelum sahur dan berbuka puasa.

Dalam laporan CBC, Syekh Muhammad Hussein dari Al-Ram menjelaskan pentingnya terus berpuasa bahkan di saat konflik.

Syekh Muhammad Hussein berkata: “Ramadhan telah tiba dan kami merayakan Ramadhan dan kami akan berpuasa, Insya Allah, bahkan dalam keadaan sulit.”

“Kami memohon kepada Tuhan agar puasa ini membantu kami di masa-masa sulit ini.”

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link