Chef Arnold Bagikan Perkiraan Skema Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran, Bisa Dapat Makanan Bergizi?

Read Time:4 Minute, 1 Second

harfam.co.id, Jakarta – Chef Arnold Poernomo atau lebih dikenal Chef Arnold merilis informasi mengenai program makan siang gratis yang diajukan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Jebran Rakabuminga Raka. Belum ada informasi apa saja menu makannya dan apa saja yang ada di menu makan siang gratisnya.

Untuk itu, Chef Arnold mencoba membuat program makan siang gratis dengan budget 15 ribu rupiah per anak. Seorang pria yang dikenal sebagai salah satu juri acara memasak bertanya kepada netizen apakah mereka lebih suka kupon atau makanan siap saji.

“Untuk program makan siang gratis Rp 15.000, lebih suka penukaran voucher atau makanan siap saji? Kedua skema tersebut pasti ada pro dan kontranya di awal program, nanti tidak akan kami jelaskan,” cuitnya. akun, @/ArnoldPoernomo pada Kamis, 29 Februari 2024

Skema makan siang gratis yang dibuat pria asal Surabaya ini menarik banyak perhatian publik. Netizen meninggalkan komentar beragam. Salah satu netizen menyoroti besarnya anggaran program tersebut.

“Rs 15k,” komentar netizen sambil menambahkan emoticon menangis. Ada pula netizen yang meragukan apakah bisa mendapatkan makanan bergizi dengan harga 15 ribu rupiah.

Komentar ini pun menarik perhatian Chef Arnold. Ia menjelaskan biaya yang harus dikeluarkan anak sekolah per minggu dan per bulan. “Rp 15.000 per anak kategori berpendapatan rendah. 15 ribu rupee x 7 hari = 105 ribu rupee per anak. 105.000 rupiah x 1 bulan = 420.000 rupiah per anak,” jawab Chef Arnold.

Ayah salah satu dari mereka juga mengatakan, mulai dari Rp 15 ribu, akan ada banyak jenis makanan bergizi yang bisa dipilih. “Akan banyak pilihan pangan dan produk pangan yang bisa diolah,” lanjutnya. Komentar Chef Arnold ini pun langsung menarik perhatian netizen.

“Yang di tengah menangis dan tidak membantu yang di bawah, yang di atas sudah mampu,” kata salah satu warganet.

“Bicara saja tentang kokinya. Tidak masalah jika pembenci koki punya otak. Akan selalu ada peluang untuk melihat sesuatu yang salah,” kata netizen lainnya.

“Panggang terus chefnya sampai matang,” sahut netizen lainnya.

“Pertanyaannya, apakah 15.000 itu bersih? Jangan memperhitungkan biaya penyiapan, pengemasan, dan logistik, karena akan ada pustun yang tidak mempunyai anggaran cukup. Chef Arnold sepertinya belum tahu budaya apa yang mereka suka di Indonesia,” tanya netizen lainnya.

“Aku meragukannya, tapi program ini mempunyai pro dan kontra…dan negara lain seperti Jepang cukup sukses dengan program ini, jadi kita tunggu saja,” sahut netizen lainnya.

Pemerintah telah mulai meninjau penerapan makan siang gratis di sekolah. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bahkan menghadiri langsung acara tersebut. Program makan siang gratis dengan anggaran Rp 15.000,-, disimulasikan pada hari Kamis, 28 Februari 2024 di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang. menurut materi saluran Bisnis harfam.co.id.

Pada acara simulasi ini, tersedia empat menu makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang. Setiap menu dilengkapi dengan grafik nutrisi dan berharga Rp 15.000.

Menu makan siang gratis yang pertama adalah ayam tepung dengan nasi. Di dalamnya terdapat isian berupa ayam bertabur tepung, tahu goreng, sayur goreng, dan pisang. Menu kedua adalah nasi dengan ayam dan telur. Lauk pauk pada menu ini antara lain telur rebus, tempe goreng tepung, tumis kacang hijau, wortel, dan pisang.

Sedangkan menu ketiga merupakan simulasi program makan gratis. Lauk tambahan gado-gado adalah telur ayam rebus dan pisang. Dan menu keempat adalah siomay. Menu siomay yang meniru makanan gratisan Prabowo-Gibran ini diberi topping telur rebus dan pisang.

FYI: Setiap menu simulasi makan malam gratis Prabowo-Gibran senilai Rp 15.000 mengandung antara 560 dan 590 kalori per porsi. Sebelumnya, Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto mengikuti simulasi program makan siang gratis yang digalakkan saat Pilpres. pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Menko Irlangga mengatakan simulasi makan siang gratis ini dapat memberikan dampak ganda terhadap perekonomian daerah. Kemudian UKM dan pedagang lokal dilibatkan.

“Dari simulasi ini kami ingin melihat poin-poin penting dari program makan siang ini. Kami juga ingin melihat bagaimana mekanisme atau SOP antara sekolah dan UKM. Jadi, multiplier effectnya luar biasa,” tuturnya.

Airlangga menambahkan, simulasi program makan siang gratis ini juga meningkatkan kesadaran bahwa literasi gizi penting bagi anak sekolah. Prinsip ini sejalan dengan tujuan program makan siang gratis di sekolah, yaitu meningkatkan gizi anak.

“Dari simulasi ini bisa dilihat berapa biaya yang sesuai, menu apa saja yang disediakan, jenis protein apa saja yang bisa digunakan. Protein yang berbeda diuji. Ketahanan pangan lokal juga penting agar jatah makanan yang terjangkau dapat diperoleh dari sumber lokal,” jelasnya. . .

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan, tindakan ini merupakan tanggung jawab Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Perekonomian untuk memastikan program tersebut dapat berjalan dengan baik di bidang tersebut jika dilaksanakan secara cermat.

Susiwiyono tak menampik, program makan siang gratis yang diusung pasangan calon presiden 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan disiapkan berdasarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025.

Artinya, Menko Perekonomian harus menentukan apa solusi program tersebut ke depan dan kemudian melaporkannya kepada Presiden Jokowi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Ahli Gizi Ingatkan Kue Kering dan Sirup Lebaran Picu Kenaikan Berat Badan
Next post Lewat Proses yang Cukup Ketat, I Wayan Darmawan Resmi Terpilih Menjadi Ketum PP KMHDI