harfam.co.id, Jakarta – PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) memanfaatkan GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo atau GIICOMVEC 2024 dengan meluncurkan versi terbaru empat lini bodi bus dalam katalog kendaraan niaganya, kini dilengkapi Euro 4 dan spesifikasi mesin European Emission Standard 5, Kamis (3/7/2024).
Dua model yang ikut dalam peluncuran ini adalah Mercedes-Benz coach 917 Euro 4 yang dilengkapi bodi Jetbus Adiputro dan OH 1626 L Euro 4 yang dilengkapi bodi Avante H8 produksi Tantrem Bodywork.
Sedangkan bus Tronton tingkat dua Mercedes-Benz O 500 RSD Euro 5 tanpa bodi dengan OH 1626 L.
Untuk OF 1623 L Euro 4 yang dilengkapi bodi Discovery buatan Laxana, disediakan DCVI di area luar agar pengunjung dapat merasakan pengalaman berkendara.
Peningkatan model dengan standar emisi yang lebih tinggi merupakan wujud nyata komitmen kuat DCVI dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk mengurangi emisi gas buang.
Direktur Kendaraan Niaga Daimler di Indonesia Naeem Hashim membenarkan kehadiran unit bus Mercedes-Benz Euro 4 dan Euro 5 hadir menjawab permintaan pelanggan setia untuk menghadirkan layanan bus yang lebih ramah lingkungan.
Naeem mengatakan, Kamis (7/2/2024), “Di tingkat global, Daimler Trucks akan terus berupaya mencapai ambisi strategisnya untuk memimpin transformasi industri menuju era transportasi bebas emisi.”
Selain menekankan komitmen lingkungannya, Daimler juga bangga dengan rangkaian produknya yang menunjukkan dukungan Daimler terhadap industri lokal.
Di antara empat bodi bus Mercedes-Benz yang dipamerkan adalah OH 1626 L Euro 4 produksi perusahaan lokal Daimler di Indonesia.
“Hari ini saya sangat bangga kita bisa menyaksikan perakitan karoseri bus Mercedes-Benz OH 1626 L Euro 4 yang sudah lama kita habiskan di Indonesia untuk Indonesia,” kata Naeem dari DCVI saat berbicara. diatas panggung. Acara makan siang
Selain itu, pencapaian Daimler dalam memperoleh sertifikasi TKDN pertama untuk Mercedes-Benz Axor 2528 CX Euro 4 menjadi kebanggaan Daimler sebagai bukti fokusnya dalam meningkatkan penggunaan material lokal pada produknya.
Penerbitan sertifikasi ini membuat Mercedes-Benz terus melanjutkan produksi lokal dengan menggunakan material lokal dan terus menawarkan sertifikasi lainnya untuk lini produksi Mercedes-Benz.
Sesuai spesifikasinya, Mercedes-Benz Bus O 500 RSD 2445 Euro 5 ditenagai mesin OM 460 LA berkapasitas 12,82 liter yang diklaim sanggup menghasilkan tenaga 449 PS dan torsi 2.200 Nm. Sasis ini bertipe penggerak belakang dengan motor 6×2.
Lanjut, bus Mercedes-Benz OH 1626 L Euro 4 jagoannya di tanjakan, mengusung mesin 6,3 liter OM 906 LA yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 256 hp dan torsi 900 Nm.
Dari segi kapasitas, struktur ini sangat besar. Mulai dari tangki utama berkapasitas besar 200 liter dengan tambahan tangki bahan bakar 200 liter dan tangki AdBlue 60 liter, hingga kapasitas bagasi yang besar, sasis ini dilengkapi struktur space frame.
Bus Mercedes-Benz 917 Euro 4 menjadi pilihan irit di segmen pasarnya karena menggunakan penggerak roda depan 4×2. Sasis ini hadir dengan mesin 4D34i yakni mesin 3,9 liter 4 silinder yang menghasilkan tenaga 170 tenaga kuda dan torsi 520 Nm.
Dari segi ukuran, mobil ini bisa dibilang kompak dan tersedia dalam pilihan wheelbase panjang dan pendek.
Terakhir, 1623 L merupakan gerbong Mercedes-Benz berbodi Euro 4 yang mengusung mesin OM 906 LA 6 silinder bertenaga 238 hp dan torsi maksimal 850 Nm dengan varian penggerak depan 4×2 juga.
Pada ajang GIICOMVEC 2024, tak hanya bus yang ditampilkan truk DCVI, Axor 2528 R M-Cab dan Actros 2636 LS.