harfam.co.id, Jakarta – PT KAI (Persero) telah menandatangani kontrak pemeliharaan rutin dan pengoperasian infrastruktur perkeretaapian negara (Infrastructure Maintenance and Operation/IMO) dengan pusat teknik perkeretaapian kelas satu di Jakarta.
Ann Borba, Vice President Public Relations KAI, mengatakan penandatanganan kontrak ini merupakan langkah strategis penting dalam mendukung pengelolaan dan pelayanan infrastruktur perkeretaapian di kawasan Daub 1 Jakarta.
KAI Daop 1 memiliki 1.636 layanan kereta api setiap harinya di wilayah Jakarta. Terdiri dari 128 KA antar kota, 1.048 KA penumpang, 50 KA barang, 32 KA lokal, 82 KA bandara, 308 KA dinas lokal/rantai, dan 8 KA Dinas KLB.
Penandatanganan kontrak ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk memastikan infrastruktur perkeretaapian Indonesia khususnya wilayah operasi Jakarta 1 tetap terawat dengan baik dan dioperasikan dengan aman dan efisien, kata Ann, Sabtu (9/11/). 2024).
Ia menambahkan: “Kami mengapresiasi dukungan finansial pemerintah selama ini yang telah membantu memperkuat upaya kami dalam menjaga kualitas layanan kereta api seperti angkutan umum.”
Menurutnya, KAI berkomitmen menyediakan infrastruktur yang andal dengan mempekerjakan personel bersertifikat sesuai dokumen regulasi. Untuk menunjang pergerakan kereta api yang lancar dan aman.
“Seluruh pejabat yang terlibat dalam pemeliharaan dan pengoperasian prasarana perkeretaapian telah memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan oleh sertifikat terkait. Hal ini memastikan seluruh operasional pemeliharaan dan pengoperasian dilakukan dengan aman dan sesuai prosedur,” imbuhnya.
Anna juga menyampaikan KAI berkomitmen melaksanakan pemeliharaan dan pengoperasian infrastruktur kereta api dengan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (GCG) agar operasional kereta api berjalan maksimal dan aman dengan menjaga infrastruktur yang andal.
“KAI berkomitmen untuk melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan infrastruktur perkeretaapian secara berkala untuk memastikan seluruh fasilitas yang diperlukan untuk pengoperasian kereta api dalam keadaan baik,” ujarnya.
“Dengan dukungan ini, kami berharap komitmen pemerintah dan KAI dalam meningkatkan kualitas operasional kereta api dapat terus berlanjut dengan baik agar dapat lebih melayani masyarakat Indonesia,” tutup Ann.
Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali menegaskan komitmennya dalam mendukung pembangunan nasional melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) perusahaan melalui KAI Logistik.
Sebagai bagian dari upaya peningkatan kesadaran, KAI Logistik SDN 03 Menteng, Jakarta Pusat membagikan lebih dari 1.000 buku dalam acara bertajuk KAI Logistik Goes to School.
“KAI Logistics menyadari pentingnya kolaborasi seluruh institusi dalam pembangunan Indonesia sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).” “Layanan ini mendukung tujuan keempat yaitu menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas,” kata Doi Wolandari, Wakil Sekretaris KAI Logistics, Jumat (11/1/2024).
Selain membagikan buku, KAI Logistik Goes to School memberikan edukasi kepada siswa tentang berbagai karir di bidang perkeretaapian dan logistik, termasuk peran mekanik dan proses kerja di bidang logistik.
Melalui inisiatif ini, KAI Logistik SDN 03 mendukung Menteng dalam meraih akreditasi perpustakaan sekaligus meningkatkan pemahaman siswa terhadap industri transportasi dan logistik.
“Siswa adalah generasi penerus, dan tugas kita adalah membentuk generasi unggul. Dengan disediakannya buku-buku ini, kami berharap dapat meningkatkan minat membaca siswa, memperluas wawasan, dan memperkaya ilmunya hingga menjadi manusia yang melek huruf,” lanjut Doi.
Selain itu, KAI Logistik memberikan edukasi kepada mahasiswa tentang pentingnya menjaga lingkungan dengan mengurangi sampah plastik.
Dengan menyediakan minuman dalam kemasan, perusahaan mendorong gaya hidup ramah lingkungan dan memperkenalkan kereta barang yang berperan dalam mengurangi emisi karbon.
“Kami mendorong siswa untuk berperan aktif dalam menjaga bumi dengan memulai gaya hidup ramah lingkungan sejak dini,” tambah Doi.