Panduan Mengemudi Aman di Jalur Contraflow

Read Time:2 Minute, 10 Second

JAKARTA, 24 Desember 2023 – Untuk mengantisipasi peningkatan lalu lintas mudik dan balik pada masa Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, pemerintah menerapkan sistem buka tutup jalur berlawanan arah atau arus balik pada beberapa jalur pembayaran.

Langkah ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dan menjaga kelancaran perjalanan. Namun bagi pengemudi yang melintasi jalur di depan memerlukan kehati-hatian dan pengertian khusus. Berikut beberapa tips berkendara di jalur berlawanan:

1. Pelajari jadwal dan titik sebelum menyeberang Pastikan Anda memahami jadwal dan lokasi arus seberang yang akan Anda lintasi. Informasi tersebut dapat diperoleh dari sumber terpercaya seperti rekening resmi lembaga terkait atau pejabat jalur pembayaran.

2. Perhatikan keluarannya. Jalur mundur biasanya memiliki satu pintu masuk dan satu pintu keluar. Pastikan Anda tidak melewatkan pintu keluar yang diperlukan, karena memutar jalan ini sangat berbahaya.

3. Hati-hati di jalan layang MBZ Pengguna jalan layang MBZ yang menimbulkan kemacetan harus ekstra hati-hati karena titik terakhir jalan layang berbayar ini berada di dekat jalan tersebut. Pertimbangkan pilihan lain jika arus balik dari biaya penyeberangan bisa berbahaya.

4. Penataan di jalur kanan Siapkan kendaraan untuk berpindah ke jalur kanan. 2 km sebelum masuk arus balik. Pastikan pergerakannya dilakukan secara berurutan dan tidak mengganggu arus lalu lintas.

5. Kendalikan kecepatan Anda Jaga mobil Anda dalam jarak 60 kilometer per jam saat berada di jalur melaju. Hindari berkendara terlalu lambat, namun tetap utamakan kehati-hatian dan pengendalian kecepatan yang baik.

6. Jaga jarak aman Gunakan prinsip “tiga detik” untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan. Hal ini memungkinkan Anda mengantisipasi situasi dan bereaksi cepat jika terjadi sesuatu yang tidak terduga.

7. Status Pengemudi dan Penumpang Pastikan Anda dan penumpang Anda dalam kondisi prima. Hindari kelelahan atau aktivitas yang dapat mengganggu konsentrasi Anda saat berkendara melawan arus.

8. Mobil Sehat dan Sempurna Pastikan mobil Anda dalam kondisi baik sebelum melaju ke arah sebaliknya. Periksa kondisi mesin, rem, ban dan perlengkapan lainnya agar tidak terjadi kerusakan yang dapat menghambat laju kendaraan lain.

Untuk informasi pengemudi, masuk ke saluran alarm 24 jam Auto2000 di halte kilometer 57 Tol Jakarta – Sikampic harus hati-hati karena saluran tersebut tidak bisa diakses dari arah sebaliknya. Pertimbangkan opsi lain untuk mencapai pos pemeriksaan jika berada di rute ini.

“Persiapkan diri anda dengan baik sebelum berangkat liburan natal dan pastikan mobil anda dalam keadaan baik agar tidak menimbulkan masalah.” Kunjungi Posko Siaga 24 Jam Auto2000 bagi anda yang ingin memberikan servis rutin dan pengecekan kondisi kendaraannya mendapat manfaat TMO Wiper Fluid secara gratis,” ujar Nur Imansyah Tara, Chief Operating Officer Auto2000, dikutip harfam.co.id Otomotif. mengintegrasikan teknologi canggih ke dalam grup LMPV Crossover yang dirilis .co.id 3 Juli 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Kereta Cepat Tak Bikin Pemudik Berpaling dari Shuttle Bus
Next post Kate Middleton Dikabarkan Tak Akan Muncul di Depan Publik hingga Musim Gugur