2015 Jadi Tahun Terpanas Bumi Sepanjang Sejarah

Read Time:1 Minute, 25 Second

harfam.co.id, Jakarta – Tahun 2015 diprediksi menjadi tahun terpanas sepanjang sejarah. Hal ini berdasarkan laporan awal terbaru Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) yang dirilis baru-baru ini. Perhitungan awal menunjukkan bahwa rata-rata suhu permukaan global kembali menghangat tahun ini. Hasil ini menjadikan tahun 2011 hingga 2015 sebagai tahun terpanas yang pernah ada. Dari bulan Januari hingga Oktober 2015, suhu rata-rata permukaan sekitar 0,73 derajat Celcius. Angka tersebut dikatakan lebih tinggi dibandingkan rata-rata kenaikan suhu pada tahun 1961 hingga 1990 sebesar 14 derajat Celcius. Baca juga.

Kenaikan suhu hampir 1 derajat dikatakan sebagai kenaikan terbesar selama periode pra-industri. WMO memperkirakan peningkatan suhu hangat disebabkan oleh pemanasan global yang disebabkan oleh manusia dan Badai El Nino. “Kondisi cuaca global pada tahun 2015 akan membuat sejarah karena sejumlah alasan,” kata Sekretaris Jenderal WMO Michel Jarraud dalam laporan tersebut. Tech Times, Jumat (27/11/2015).

Tahun ini, tingkat gas rumah kaca di atmosfer mencapai tingkat tertinggi, tambah Jarraud. Faktanya, untuk pertama kalinya, rata-rata konsentrasi CO2 dunia mencapai 400 bagian per juta masker. “Tahun ini sepertinya tahun terpanas sepanjang sejarah. Hal ini juga didukung dengan suhu permukaan laut saat ini yang paling tinggi. Jadi kenaikan suhu bisa mencapai 1 derajat Celcius. Dan ini beritanya. Buruk bagi Anda, kata Jarraud. Tak hanya itu, dampak El Nino diperkirakan masih akan berlanjut hingga tahun depan. Amerika Tengah dan Karibia diketahui akan mengalami curah hujan sedang dan kekeringan. Dampak Badai El Nino juga diperkirakan akan melampaui rekor tahun lalu Eropa berada di posisi berikutnya, walaupun hasil temuan ini masih dalam tahap awal, namun rencananya hasil laporan ini akan digunakan untuk memulai negosiasi pada konferensi On Climate Change di Paris pada tanggal 30 November hingga Desember 11. (bendungan / cas)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Catat! 4 Ruas dan Akses Tol Fungsional Ini Dibuka untuk Mudik Lebaran 2024
Next post Jelajahi iOS 18: Apa yang Canggih dan Menakjubkan?