September 21, 2024
Bacaan Niat Puasa Syawal, Waktu Pelaksanaan, dan Keutamaan Menjalankannya

Bacaan Niat Puasa Syawal, Waktu Pelaksanaan, dan Keutamaan Menjalankannya

0 0
Read Time:2 Minute, 46 Second

harfam.co.id, Jakarta Setelah menyelesaikan puasa wajib di bulan Ramadhan, umat Islam disarankan untuk berpuasa selama enam hari di bulan Syawal. Puasa ini dimulai pada hari ke-2 bulan Syawal atau sehari setelah Idul Fitri.

Puasa Syawal ada aturan sunnahnya. Kemaslahatan puasa tidak akan lepas dari kemaslahatan orang yang melaksanakannya. Disebutkan dalam hadits bahwa barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dan meneruskan puasanya selama enam hari di bulan Syawal, maka ia akan diberi pahala seolah-olah ia telah berpuasa selama setahun.

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dan meneruskan puasanya enam hari di bulan Syawal, maka pahalanya seperti dia berpuasa setahun.” (HR Muslim).

Dalam hadits lain disebutkan bahwa pahala puasa di bulan Ramadhan dihitung dengan puasa sepuluh bulan. Saat ini, puasa enam hari di bulan Syawal digandakan menjadi puasa enam hari. Oleh karena itu, seluruh puasa Ramadhan dan enam hari di bulan Syawal dihitung sebagai puasa setahun.

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan, maka pahala bulan Ramadhan akan berlipat ganda selama sepuluh bulan puasanya, dan puasa enam hari setelah Idul Fitri akan berlipat ganda sepuluh kali lipat, sehingga seolah-olah dia telah berpuasa enam puluh hari. Dia akan berpuasa selama satu tahun penuh.” (HR Ahmad).

Puasa enam hari di bulan Syawal berturut-turut pada tanggal 2 sampai dengan tanggal 7 bulan Syawal. Namun tidak masalah jika dilakukan berbeda asalkan di bulan Syawal.

Puasa Syawal sama dengan puasa pada umumnya, yaitu diawali dengan niat. Karena puasa sunnah, maka boleh saja niat puasa Syawal dimulai dari Maghrib hingga keesokan harinya sebelum Zuhur. Perhatikan bahwa Anda belum makan atau minum sejak sahur di hari puasa.

Seperti dilansir NU Online, inilah tujuan puasa di bulan Syawal.

Arab-Latin: Nawaitu shauma ghadin ‘an adi sunnah enam puluh menit syawwlin lillhi ta’l.

Artinya: “Saya niat puasa Sunnar Syawal besok karena Allah SWT”.

Demikianlah panduan puasa Syawal. Semoga Anda baik-baik saja. Selamat tinggal.

Berikut cara puasa syawal: Sama seperti puasa pada umumnya, cara mengawali puasa syawal adalah dengan membaca niyyah dengan tenang dan penuh kesengajaan. Sahur, yaitu makan sebelum waktu Imsak. Puasa Syawal bisa dilakukan selama 6 hari berturut-turut atau sebaliknya, yang penting dilakukan kapan saja selama bulan Syawal. Berbuka puasa saat matahari terbenam.

Puasa di bulan Ramadhan wajib hukumnya bagi seluruh umat Islam yang memenuhi syarat-syarat yang berkaitan dengan menjadi seorang Muslim, cerdas, dewasa dan mampu berpuasa. Wajib bagi umat Islam yang melewatkan puasa Ramadhan untuk mengqadha atau berbaikan di bulan lain sebelum memasuki Ramadhan tahun depan.

Hutang puasa Ramadhan terbayar dengan puasa lagi di hari lain. Ketentuan nasib puasa Ramadhan ada di dalam Al-Qur’an.

“(Itu) beberapa hari. Maka barangsiapa di antara kalian yang sakit, atau dalam perjalanan (dan belum berpuasa), maka hendaknya ia menukar jumlah hari (yang tidak ia berpuasa) dengan hari-hari lainnya. Bagi orang-orang yang beriman, wajib memberikan fidyah, (yaitu) memberi makan kepada orang miskin. Dan siapa yang mengerjakan suatu kebaikan dengan sukarela, maka itu adalah yang terbaik baginya, dan puasa adalah yang terbaik bagimu, jika saja kamu mengetahuinya.” (kS:184).

Sebagian umat Islam berpuasa takdir Ramadhan di bulan Syawal. Namun, ada puasa enam hari yang disunnahkan di hari Syawal, ternyata manfaatnya luar biasa. Jika Anda berpuasa di bulan Ramadhan dan melanjutkan puasa enam hari di bulan Syawal, maka seolah-olah Anda telah berpuasa setahun.

Lantas, apa yang harus dilakukan pertama kali bagi mereka yang terlilit hutang? Puasa Qadha atau Ikut Puasa Syawal?

Tebu…

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link